Dua Bulan Gaji Perangkat Desa Macet


KARANGANYAR (MERAPI) – Peralihan penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) ke rekening tunggal menyebabkan pembayaran gaji perangkat desa terlambat. Hak mereka sejak Januari direncanakan dirapel pada Maret.

“Gaji perangkat desa sumbernya ADD. Nah, pada tahun ini penyaluran ADD dan DD ke single account desa. Makanya dalam masa peralihan ini, gaji mereka terlambat,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Karanganyar, Utomo Sidi Hidayat kepada wartawan, Rabu (21/3).

Keterlambatan pembayaran gaji berikut tunjangan bersumber ADD dialami ratusan perangkat desa berjabatan sekretaris desa (sekdes), kepala urusan (kaur) dan kepala seksi (kasi). Utomo mengatakan seluruh desa telah memiliki rekening tunggal penyaluran ADD dan DD. Namun pencairannya harus sesuai prosedur, yakni melaporkan Spj keuangan desa triwulan terakhir tahun 2017.

“Dulu itu bentuknya tabungan. Sedangkan sekarang giro. Jadi butuh tandatangan bendahara dan kades untuk bisa mencairkan. Desa di 4 J (Jumapolo, Jumantono, Jatipuro, Jatiyoso) sudah bisa dicairkan semua sekarang melalui BKK Tasikmadu, BKK Karanganyar dan Bank Jateng,” katanya.
Pada bulan ini, perangkat desa yang telah menyelesaikan administrasi bisa mencairkan gaji dan tunjangan Januari-Februari 2018. Hal sama juga diterapkan pada April mendatang untuk gaji dan tunjangan bulan Maret-April 2018.

“Tercatat ada 147 proses pencairan DD dan ADD. Artinya tinggal 15 desa belum karena belum selesai Spj-nya. Harapannya, pekan ini selesai semua untuk Spj dan pencairan. Semoga hak perangkat desa bulan selanjutnya lancar,” katanya.

Sekretaris Desa Doplang, Karangpandan, Ade Irawan mengatakan keterlambatan gaji dan tunjangan perangkat desa juga terjadi pada bulan-bulan awal tahun 2017. “Ini karena peralihan OPD penyalur keuangan desa dari Pemdes ke Dispermasdes. Dari Januari belum dibayar. Gaji Sekdes Rp 1,750 juta sedangkan kaur dan kasi Rp 1,5 juta,” katanya.

Ia memastikan Spj dan administrasi pencairan DD serta ADD di desanya komplit, sehingga gaji perangkat desa maupun kebutuhan belanja pembangunan siap dicairkan. (Lim)

Read previous post:
Anak-anak Disabilitas Punya Hak Sama Bersekolah

SUKOHARJO (MERAPI) - Anak penyandang disabilitas mempunyai hak sama dengan anak lain pada umumnya untuk mendapatkan pendidikan di sekolah. Selama

Close