Berpakaian Adat Nusantara, Anggota PPK dan PPS Dilantik

Sebanyak 177 orang PPK dan PPS di Kota Yogyakarta dilantik KPU setempat. (MERAPI-TRI DARMIYATI )
Sebanyak 177 orang PPK dan PPS di Kota Yogyakarta dilantik KPU setempat. (MERAPI-TRI DARMIYATI )

JETIS (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yogyakarta melantik 42 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan 135 Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2019. Mereka diminta mempersiapkan diri guna melaksanakan pemilu 2019 karena kali pertama pemilu serentak akan digelar.

“Pada pemilu 2019 nanti adalah pertama kalinya pemilu serentak akan dilaksanakan. Jadi harus disiapkan secara kemampuan dan kredibilitas para PPK dan PPS,” kata Ketua KPU Yogyakarta Wawan Budiyanto, Jumat (9/3).

Menurutnya, tugas penyelenggara Pemilu 2019 cukup berat karena ada lima pemilihan yakni DPR RI, DPD RI, presiden serta DPRD provinsi dan kabupaten. Oleh sebab itu akan ada 5 kotak suara di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), sehingga lebih banyak dibandingkan pemilu sebelumnya.

Dia menuturkan terkait kemampuan penyelenggara pemilu, pihaknya sudah mempertimbangkan sisi kompetensi. Integritas dan netralitas. Dari segi usia PPK dan PPS juga diregenerasi dengan syarat usia yang lebih muda. Tapi juga tetap mempertimbangkan anggota yang memiliki pengalaman pernah menjabat PPK dan PPS. “Setelah ini kami membekali PPK dan PPS dengan bimbingan teknis terkait pelaksanaan pemilu 2019,” ujarnya.

Dalam pelantikan kemarin, anggota PPK dan PPS Kota Yogyakarta mengenakan pakaikan adat dari berbagai daerah Indonesia. Mulai dari baju adat DIY, Jawa Barat, Sumatera, Batak, Kalimantan sampai Nusa Tenggara Timur. Wawan menuturkan pakaian adat dipilih karena Yogyakarta adalah miniatur Indonsai dan membawa semangat kebhinekaan dalam penyelenggaraan Pemilu.

Sementara itu anggota PPK Tegalrejo Heru Kuswanto mengakui Pemilu 2019 tidak hanya pemilu serentak yang menjadi tantangan PPK dan PPS. “Tantangannya personel PPK berkurang dari pilkada sebelumnya lima orang, sekarang hanya tiga orang. Tapi kami akan berupaya untuk melakukan koordinasi dengan PPS,” tutup Heru yang sudah dua kali menjadi anggota PPK. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
NY RUBIYAH DIANIAYA, PERHIASAN DILUCUTI PELAKU-Petani Disekap Perampok di dalam Mobil

WONOSARI (MERAPI)- Seorang petani, Ny Rubiyah (50) warga Dusun Prahu, Girimulyo, Panggang, Gunungkidul dirampok sejumlah penjahat yang mengendarai mobil di

Close