Sering Halusinasi, Bunuh Diri karena Bisikan Gaib

YOGYA (MERAPI) – Seorang perajin gitar, Berlianto (35) warga Sutodirjan, Pringgokusuman, Gedongtengen, Yogya, nekat gantung diri di gudang lantai atas rumah orangtuanya, Kamis (8/3) pagi. Korban diduga depresi karena pekerjaannya menumpuk. Selain itu, korban kerap berhalusinasi dan mendapat bisikan gaib, bahwa ia harus terbang dengan cara bunuh diri.
“Menurut keterangan keluarganya, korban ini depresi. Usai Lebaran tahun 2017 lalu, korban juga melakukan percobaan bunuh diri setelah mendapat bisikan gaib jika dia harus terbang,” jelas Kanit Reskrim Polsek Tegalrejo Yogya AKP Suwanto kepada wartawan, kemarin.
Dikatakan AKP Suwanto, percobaan bunuh diri pertama yang dilakukan korban tidak berhasil. Nyawanya dapat diselamatkan setelah dipergoki keluarganya. Setelah itu, korban juga sempat dirawat di rumah sakit karena masalah kejiwaan.

AKP Suwanto menambahkan, korban merupakan seorang perajin gitar. Belakangan ini, pesanannya kerap membludak, sehingga ia kewalahan melayani konsumen. Korban juga tidak dapat memenuhi batas waktu pemesanan konsumennya. Hal inilah yang diduga menambah beban berat pikiran korban.
“Diduga masalah pekerjaan juga menjadi salah satu pemicu korban bunuh diri,” paparnya.
Menurutnya, jenazah korban ditemukan pertama kali oleh kerabatnya, Solipah (49) sekitar pukul 10.00. Kemarin pagi, saksi bermaksud menjemur pakaian di lantai atas. Saat naik ke loteng, dia melihat sesosok laki-laki dalam kondisi menggantung di gudang atas loteng. Saksi lantas memberitahukan hal itu kepada warga lain, Parjiman (70).
“Parjiman berusaha memberi pertolongan dengan memutus tali yang digunakan untuk gantung diri. Namun saat itu korban diketahui sudah tidak bernafas,” imbuh Suwanto.

Kejadian itu lantas dilaporkan ke Polsek Tegalrejo Yogya. Berdasarkan pemeriksaan medis dan identifikasi petugas, tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan. Korban meninggal dunia murni karena bunuh diri. Selanjutnya, jenazah korban dibawa ke RSUP Sardjito Yogya, lalu diserahkan ke pihak keluarga.  (Riz)

Read previous post:
LAHAN 1.293 H DI KULONPROGO DIKLAIM PIHAK LAIN- Ahli Waris GKR Pembayun Kantongi Bukti Sah

Ahli waris GKR Pembayun saat memberikan keterangan. (Merapi- Wahyu imam ibadi) SUKOHARJO (MERAPI) - Ahli waris GKR Pembayun mendapatkan kekancingan

Close