KORBAN PENIPUAN SELEBGRAM CANTIK BERTAMBAH-Polisi Sita 41 Tas Mewah

MERAPI-SAMENTO SIHONO Suami istri AC dan DH diamankan di Mapolres Sleman setelah meraup Rp 12 miliar dari hasil menipu dan pencucian uang.
MERAPI-SAMENTO SIHONO
Suami istri AC dan DH diamankan di Mapolres Sleman setelah meraup Rp 12 miliar dari hasil menipu dan pencucian uang.

SLEMAN (MERAPI)- Petugas Satreskrim Polres Sleman masih terus mengembangkan kasus penipuan dan penggelapan yang dilakukan selebriti media sosial Instragram atau selebgram, AC (31) alias Angela dan suaminya DH (43). Dari pemeriksaan lanjutan, diketahui korban penipuan oleh pelaku bertambah. Selain itu, polisi juga menyita puluhan tas bermerek senilai puluhan miliar rupiah sebagai barang bukti.
Hingga Kamis (1/3), pasangan suami istri yang juga berprofesi sebagai artis Film Televisi (FTV) ini masih ditahan di sel tahanan Mapolres Sleman.
“Kita amankan barang bukti 41 tas impor berbagai merk, misalnya Hermes, Chanel, LV Petite dan Dior Large. Selain itu, ada juga jam tangan, buku tabungan, surat dan ponsel,” ujar Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Rony Are Setia kepada wartawan kemarin. Untuk diketahui, tas-tas mewah itu berharga sangat mahal, berkisar puluhan juta hingga ratusan juta bahkan miliaran rupiah per buah.

AKP Rony mengatakan, selain melakukan penipuan terhadap korban San atau Santoso warga Yogya dengan kerugian Rp 12 milyar, tersangka juga menyelewengkan uang investasi Rp 10 miliar dari korban lain bernama Roynaldo. Sehingga total uang yang diperoleh kedua tersangka mencapai Rp 22 miliar.
“Kalau di Yogya hanya ada satu korban yang melapor. Sedangkan Roynaldo ini warga Jakarta,” ujar Rony. Dia menambahkan, modus penipuan yang menimpa Reynaldo sama dengan yang dialami Santoso. Yakni investasi bodong. Uang modal yang disetorkan korban kuat dugaan digunakan untuk kepentingan pribadi. Sebab selain bisnis tas mewah, pelaku diduga memiliki bisnis lain, seperti kuliner.

BACA JUGA:BERKEDOK TAS MERMERK-Menipu, Suami Istri Raup Rp 12 M

Menurut Rony Are, dari pemeriksaan lanjutan, uang investasi milik Santoso sudah digunakan pelaku untuk membeli sejumlah barang mewah, seperti Jeep Rubicon dan satu unit rumah mewah di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) City Tangerang, Banten dengan diatasnamakam kedua pelaku. Kini barang bukti tersebut sudah disita oleh petugas.
Akibat perbuatannya, selebgram dengan setengah juta lebih followers ini akan dijerat dengan pasal 3 dan 4 UU RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian uang. Keduanya terancam hukuman maksimal 20 tahun penjara.
“Pelaku dengan sengaja menyembunyikan dan menyamarkan asal-usul kepemilikan harta kekayan hasil tindak pidana. Maka kita jerat dengan pasal pencucian uang,” jelasnya.

BACA JUGA:HASIL KEJAHATAN UNTUK BELI MOBIL MEWAH-Penipu Cantik dengan Setengah Juta Follower

Seperti diberitakan sebelumnya, lantaran diduga melakukan penipuan dan pencucian uang, pasangan suami istri berinisial AC (31) dan DH (43) warga Sleman diamankan aparat Polres Sleman. AC yang berprofesi sebagai selebgram (selebriti di media sosial Instagram) ini bersama suaminya ditetapkan sebagai tersangka setelah menipu rekan bisnisnya senilai Rp 12 Miliar. Keduanya menggelapkan uang modal usaha milik rekan bisnisnya, Santoso atau San warga Sleman. (Shn)

Read previous post:
ilustrasi
DIDUGA PELAKU MANTAN PEMBANTU KORBAN-Wanita Cantik Dibunuh

SEMARANG (MERAPI)- Istri seorang pejabat sebuah bank, Meta Novita Handayani (38) warga Bukit Delima B9 Nomor 17 Perumahan Bukit Permata

Close