SIDANG PELEMPARAN BATAKO CAH KLITIH-Penyidik Bantah Lakukan Kekerasan

 

(MERAPI-YUSRON MUSTAQIM) Saksi Chusnan saat diajukan ke persidangan untuk dikonfrontir dari keterangan saksi Rico.

Saksi Chusnan saat diajukan ke persidangan untuk dikonfrontir dari keterangan saksi Rico. (MERAPI-YUSRON MUSTAQIM)

BANTUL (MERAPI) – Kedua penyidik Polres Bantul Yuli dan Chusnan membantah pihak kepolisian melakukan pengancaman terhadap saksi Rico yang didakwa bersama AW (19) warga Druwo Sewon Bantul saat penyidikan dalam perkara pelemparan batako hingga korban tewas. Selama ini penyidikan dinilai telah sesuai dengan prosedur.

“Saat Rico kami periksa sebagai saksi terdakwa AW tak pernah ada tekanan. Bahkan saat itu saksi dalam keadaan sehat jasmani dan rohani,” ujar saksi Chusnan dalam keterangan di muka persidangan majelis hakim yang diketuai Agung Sulistiyono SH di PN Bantul, Rabu (28/2).

Disebutkan saksi, dalam pemeriksaan saksi yang masih di bawah umur pihak penyidik telah memberikan hak-haknya. Karena saat diperiksa penyidik, Rico telah didampingi orangtua beserta penasihat hukumnya.

Sehingga tak benar keterangan terdakwa Rico saat menjadi saksi terdakwa AW di persidangan sebelumnya. Karena sebelum dilakukan penyidikan polisi telah menyimpan pistol atau senjata api di dalam laci. Dengan begitu penyidikan dilakukan tanpa adanya senjata api.

Selain itu, saat pemeriksaan saksi menerangkan dengan gamblang dan jelas. Hal ini menunjukkan tak ada tekanan dalam pemeriksaan yang dilakukan penyidik. Bahkan sebelum menandatangani kesaksian dalam BAP tak ada keberatan dari Rico.

Dari keterangan penyidik tersebut, terdakwa AW melalui penasihat hukumnya Iwan Setiawan SH, Gunawan SH, Purwono SH dan Daniel Tatag SH memiliki hak untuk mengajukan pertanyaan. Pihak penasihat hukum mengatakan, bila penyidik tak melakukan kekerasan atau ancaman, bisa jadi perbuatan tersebut dilakukan tim opsnal yang melakukan penangkapan.

“Seharusnya penyidik hati-hati dalam menangani perkara ini. Semua harus menghormati hukum asas praduga tak bersalah,” jelas Iwan. (C-5)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
De Tjolomadoe Dikenalkan Musikus Internasional

KARANGANYAR (MERAPI) - Manajemen PT Sinergi Colomadu mantap mempersembahkan De Tjolomadue, sebuah bangunan heritage di wilayah ujung barat Karanganyar, yang

Close