Kondisi Pasar se-Bantul 85 Persen Bagus

 MERAPI-ISTIMEWA Ilustrasi: Suasana salah satu pasar tradisional di Bantul.
MERAPI-ISTIMEWA
Ilustrasi: Suasana salah satu pasar tradisional di Bantul.

BANTUL (MERAPI) – Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul menyatakan 85 persen dari total sebanyak 30 pasar tradisional di Bantul bangunannya dalam kondisi bagus. “Dari total sekitar 30 pasar tradisional, kondisinya bagus, fasilitasnya memadai dan nyaman untuk beraktivitas jual beli,” ujar Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul Subiyanta Hadi, Selasa (27/2).

Mayoritas kondisi bangunan fisik pasar rakyat bagus, karena sudah mendapat program revitalisasi atau pembangunan kembali oleh pemerintah daerah baik melalui anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Bantul, APBD DIY maupun APBN. Namun bangunan pasar yang kondisinya kurang bagus bukan berarti tidak nyaman atau representatif untuk digunakan dalam aktifitas ekonomi pedagang, selain itu juga bukan berarti belum pernah direhab.

“Semua pasar secara umum sudah pernah direhab, akan tetapi dalam kurun waktu sekian tahun lalu, itupun belum semua bagian pasar direhab, dan tentunya pasar-pasar yang kondisi bangunan kurang layak kita usulkan perbaikan,” katanya dilansir Antara.

Ditambahkan Subiyanta, usulan rehab pasar tradisional di Bantul disesuaikan dengan anggaran daerah, kalau memang anggaran mencukupi bisa direhab total atau dibangun kembali, namun jika terbatas, maka rehab sebagian bangunan. “Sebagai contoh di Pasar Mangiran Srandakan itu kita rehab pada 2007 setelah gempa bumi 2006, namun dulu tidak semua direhab, sehingga tahun ini kita usulkan rehab lagi, yang penting bangunan pokok sudah representatif,” katanya.

Subiyanta Hadi mengatakan, rehab pasar tradisional sudah menjadi program setiap tahun, dan tahun ini setidaknya ada lima pasar yang diusulkan perbaikan, diantaranya Pasar Jodog Pandak, Pasar Gatak Bambanglipuro, Pasar Bendosari Jetis. “Yang relatif mendesak untuk diperbaiki itu lima pasar tersebut, jadi kita usulkan melalui dana APBD, kemudian ada satu lagi pasar yang kita usulkan ke pusat untuk direhab tahun ini yaitu Pasar Pundong,” katanya. (*)

Read previous post:
Padi Hibrida Solusi Ketahanan Pangan

NGAGLIK (MERAPI)- Meningkatnya jumlah penduduk dari tahun ke tahun menuntut kebutuhan beras yang semakin tinggi. Diperkirakan, 10 tahun ke depan

Close