Bupati Sukoharjo Diusulkan Calon Penerima Kalpataru 2018

Penghargaan Adipura terpasang megah di proliman Sukoharjo Kota. (MERAPI-Wahyu Imam Ibadi)
Penghargaan Adipura terpasang megah di proliman Sukoharjo Kota. (MERAPI-Wahyu Imam Ibadi)

SUKOHARJO (MERAPI) – Pemkab Sukoharjo untuk kali pertama mengusulkan nama Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya sebagai calon penerima Kalpataru Tahun 2018. Proses penilaian sekarang sedang dilakukan oleh tim dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Pada Tahun 2018 Pemkab Sukoharjo juga membidik hattrick atau mendapatkan tiga kali berturut penghargaan Adipura.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo Djoko Sutarto, Selasa (20/2) mengatakan, pada awal Tahun 2018 ini pihaknya fokus pada persiapan penilaian Kalpataru 2018. Nama yang diusulkan sebagai calon penerima penghargaan yakni Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya.

Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo sengaja mengusulkan nama Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya karena telah memenuhi kriteria yang ditetapkan pemerintah. Salah satunya berkaitan dengan kebijakan dan terobosan pemerintahan berkaitan dengan bidang lingkungan hidup.

Proses penilaian terhadap calon penerima penghargaan Kalpataru 2018 sudah dilakukan oleh tim penilai dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Tim tersebut datang ke Sukoharjo beberapa hari lalu untuk melakukan penilaian berkas administrasi serta kunjungan lapangan.

Lokasi penilaian yakni di Tempat Pembuangan Akhir Sampah Mojorejo di Desa Mojorejo, Kecamatan Bendosari. Penilaian juga dilakukan terhadap terobosan pembuatan pupuk alami berupa ciunik di wilayah Kecamatan Mojolaban.“Ini untuk kali pertama Sukoharjo mengajukan nama usulan sebagai calon penerima penghargaan Kalpataru 2018. Calonnya yakni Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya,” ujar Djoko Sutarto.

Proses penilaian masih akan dilakukan oleh tim dari provinsi beberapa bulan kedepan. Hasilnya nanti akan disampaikan ke tim penilai tingkat pusat. “Soal dapat atau tidak penghargaan itu diserahkan penilaian sepenuhnya ke pemerintah pusat. Yang jelas semua daerah juga melakukan usulan sama di daerahnya masing masing,” lanjutnya.

Sementara itu Pemkab Sukoharjo juga melakukan persiapan penilaian Adipura 2018. Pada tahun ini Pemkab Sukoharjo membidik bisa melakukan hattrick atau tiga kali berturut mendapatkan penghargaan Adipura. Sebelumnya Pemkab Sukoharjo berhasil mendapatkan penghargaan Adipura pada Tahun 2016 dan Tahun 2017. “Kami target bisa kembali mendapat penghargaan Adipura 2018. Apabila berhasil maka ini kebanggan Sukoharjo bisa tiga kali berturut mendapat Adipura sejak 2016 dan 2017,” lanjutnya.

Penilaian penghargaan Adipura rencananya akan dilakukan oleh tim penilai pada awal Maret mendatang. Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo sudah melakukan persiapan baik petugas maupun lokasi penilaian. “Dalam penilaian nanti kami juga melibatkan seluruh komponen baik petugas pemerintahan maupun masyarakat umum. Mereka mendukung untuk keberhasilan Adipura maupun Kalpataru 2018,” lanjutnya.(Mam)

Read previous post:
ILUSTRASI
POLISI INTENSIFKAN RAZIA DAN PATROLI-Pelaku Klitih Didomasi Anak-anak

DEPOK (MERAPI)-Maraknya aksi klitih dengan modus lempar batu di wilayah DIY, membuat resah bagi pengendara mobil. Apalagi aksi itu mengancam

Close