Sepakat Pilkada Temanggung Sukses Tanpa Ekses

Tiga pasangan calon deklarasi kampanye damai (MERAPI-Zaini Arrosyid)
Tiga pasangan calon deklarasi kampanye damai (MERAPI-Zaini Arrosyid)

TEMANGGUNG (MERAPI) – Tiga peserta Pemilihan Umum Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Temanggung 2018 mengingkrarkan deklarasi kampanye damai dan sukses tanpa ekses di hadapan rakyat, yang dihelat Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat di alun-alun, Kamis (15/2).

Isi deklarasi damai 9 poin, diantaranya adalah berperan aktif mewujudkan pilkada yang demokratis, mematuhi semua regulasi, ikut menjaga stabilitas nasional politik dan keamanan dan menjaga netralitas ASN dan menjaga keamanan ketentraman dan ketertiban umum, tidak melakukan pawai dengan kendaraan di jalan umum. Selain itu memberikan pemahaman kepada tim sukses dan para pendukung / simpatisan untuk ikut serta menciptakan iklim yang kondusif pada pelaksanaan pilkada dan bersikap profesional dengan siap menang dan kalah.

Usai ikrar, tiga paslon yakni Mulyadi Bambang Sukarno – Matoha, Haryo Dewandono – Irawan Prasetyadi dan AL Khadziq – Heri Ibnu Wibowo menandatangani ikrar. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah juga membubuhkan tanda tangan pada lembar deklarasi sebagai saksi.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Sudjatmiko mengatakan dalam kampanye talah ada aturannya dan semua peserta harus mematuhi agar kampanye berjalan dengan fair. Mereka yang melanggar aturan, akan dikenai sanksi berupa sanksi administri hingga pembatalan sebagai peserta pilkada. ” Diawal kampanye ini ada deklarasi damai, peserta pemilu dan segenap tim kampanye dan pendukung harus berkomitmen menjalankan kampanye damai,” katanya.

Penjabat Sementara Bupati Temanggung Sudariyanto mengatakan paslon, tim kampanye dan pendukung harus mengutamakan kerukunan dan kedamaian dalam kampanye. ” Mari jaga sopan santun dan taati aturan agar terwujud kampanye damai dan pilkada sukses tanpa ekses,” katanya.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo meminta kepada para paslon dan tim sukses-nya untuk bersama-sama menciptakan suasana kondusif, menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada ini. Yang menang bisa merangkul yang kalah dan yang kalah harus legowo.

“ Saya berharap pesta demokrasi rakyat ini menjadi simbol pemersatu warga kabupaten Temanggung. Siapapun pasangan calon yang terpilih bisa menjadi pemimpin yang amanah dan bisa membawa kemajuan daerah,” harapnya.

Sementara itu pada kampanye yang berad adalam pengamanan Polres Temanggung tersebut, masing-masing paslon diberi kesempatan KPU untuk kampanye keliling kota dengan menyusuri jalan-jalan protokol. Mereka pun menyebarkan bahan kampanye berupa leafleyt dan selebaran serta kalender pada warga. (Osy)

Read previous post:
CERITA MISTERI – Lady Meninggal Saat Melahirkan

BANGUNAN megah indah bergaya kuno yang menjulang di tengah-tengah perkebunan amat luas ini lazim disebut dengan Susie Plantation. Amat terkenal

Close