DIDUGA KORUPSI BARENG PERANGKAT DESA-Pak Kades Segera Diadili

WONOSARI (MERAPI)- Berkas perkara dugaan tindak pidana korupsi Proyek Padat Karya tahun 2015 yang ditangani Unit Tipikor Sat Reskrim Polres Gunungkidul dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Gunungkidul, Jumat (9/2). Para tersangka, yakni oknum Kades Banjarejo, Tanjungsari Sur dan tiga oknum perangkat desa masing-masing SM, SG dan MJ kini resmi ditahan Kejaksaan untuk kemudian akan diajukan dalam sidang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Yogyakarta.
“Selain penyerahan berkas pemeriksaan dan tersangka, juga diserahkan barang buktinya,” kata Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady SH SIK MH kepada wartawan, kemarin.
Dijelaskan, ketiga tersangka tersebut akan dijerat dengan pasal 2 (1) subsider pasal 3 subsider pasal 8 UURI No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UURI No 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan korupsi jo pasal 55 ayat 1 KUHP. Penyerahan berkas perkara ini merupakan hasil proses penyidikan pada tahab kedua kasus pidana korupsi Proyek Padat Karya Desa Banjarejo, Tanjungsari dengan menimbulkan kerugian negara mencapai Rp 126 juta. Keempat tersangka itu diduga secara bersama-sama melawan hukum dan menyebabkan terjadinya kerugian negara. “Keempat tersangka tersebut baik oknum kades maupun 3 oknum perangkat desa telah ditahan untuk menjalani proses hukum,” imbuhnya.

Secara terpisah, Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Wonosari, Sigit Inugraha SH mengatakan, keempat tersangka itu diduga melakukan tindak pidana korupsi sebesar Rp 126 juta dalam program padat karya infrastruktur tahun 2015 silam. Pihaknya membenarkan telah menerima pelimpahan berkas pemeriksaan berikut barang bukti dan tersangka. Sambil menunggu proses hukum tingkat kejaksaan dan pengadilan tindak pidana korupsi, mereka telah resmi ditahan dan saat ini dititipkan di LP Wirogunan, Yogyakarta terhitung selama 20 hari sampai 27 Februari 2018 mendatang. “Jika semuanya sudah siap perkaranya akan segera disidangkan pengadilan tindak pidana korupsi ,” terangnya.(Pur)

Read previous post:
BAKAL CALON PRESIDEN BRAJAMUSTI – Dua Nama Mulai Mencuat

  YOGYA (MERAPI) - Pergantian kepengurusan di dalam tubuh kelompok suporter PSIM Yogyakarta, Brajamusti akan segera dilakukan. Sebelum pelaksanaan musyawarah

Close