Parpol Lama Diverifikasi, Wajib Hadirkan Anggota

Ilustrasi Pemilu 2019.
Ilustrasi Pemilu 2019.

UMBULHARJO (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yogyakarta Selasa (30/1) mulai melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik lama atau partai yang pernah mengikuti pemilu. Verifikasi itu sebagai tindak lanjut atas keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan uji materi Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu terkait verifikasi faktual dari sebelumnya hanya untuk parpol baru atau yang belum mengikuti pemilu.

Ketua KPU Yogyakarta Wawan Budiyanto mengatakan, verifikasi faktual parpol lama mengacu pada Peraturan KPU Nomor 5 dan 6 tahun 2018 terkait perubahan pendaftaran parpol peserta pemilu 2019 pascaputusan MK. Di Kota Yogyakarta ada 11 parpol lama yang diverifikasi faktual yakni PDIP, PAN, Golkar, PKS, PPP, Gerindra, Demokrat, Nasdem, Hanura, PBB dan PKPI.

“Ada perbedaan dibanding verifikasi faktual sebelumnya. Kalau verifikasi faktual sebelumnya KPU yang mendatangi rumah anggota parpol, kini parpol yang wajib menghadirkan anggotanya ke kantor parpol. Tim KPU verifikasinya di kantor parpol masing-masing,” terang Wawan, Selasa (30/1).

Jumlah sampel keanggotaan yang diverifikasi faktual juga berbeda dari sebelumnya diambil sampel 10 persen. Pada peraturan baru, dia menyebut verifikasi keanggotaan disampling 5 persen dari dari jumlah keanggotaan parpol yang tersebar minimal 50 persen dari jumlah kecamatan di Kota Yogyakarta.

“Parpol yang siapkan keanggotaan orang-orangnya sejumlah sampel lima persen di kantor parpol. Jika tidak bisa dihadirkan, kami tunggu sampai 1 Februari nanti untuk dihadirkan ke KPU Yogyakarta,” ucapnya.

Jika sampai batas waktu 1 Februari keanggotaan masih ada yang tidak bisa dihadirkan, parpol sudah tidak memiliki kesempatan lagi. Hasil verifikasi faktual keanggotaan selanjutnya akan diproyeksikan dan dibandingkan dengan keanggotaan minimal yang harus dipenuhi di Kota Yogyakarta.

Sebelumnya Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta, Danang Rudiatmoko menyatakan siap diverifikasi faktual oleh KPU Yogyakarta. Pihaknya sudah menyerahkan data berkas anggotaan PDIP ke KPU Kota Yogyakarta sebanyak 624 anggota. “Sejak awal kami diinstruksikan untuk siap jika ada verifikasi faktual atau tidak,” imbuh Danang.  (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Acara Salawat Bareng Habib Syekh Dipastikan Hoax

WATES (MERAPI) - Ketua PCNU Kulonprogo, Wasiludin angkat bicara perihal kabar digelarnya acara salawat bersama Al Habib Syekh Bin Abdul

Close