Penataan Parkir Sarkem Tunggu Pedestrian Stasiun

Stasiun Yogyakarta akan dipercantik dengan pedestrian. (ANTARA)
Stasiun Yogyakarta akan dipercantik dengan pedestrian. (ANTARA)

UMBULHARJO (MERAPI) – Penataan parkir di Jalan Pasar Kembang (Sarkem) menunggu penataan pedestrian di Stasiun Tugu Yogyakarta. Kondisi lalu lintas di jalan itu cukup padat karena tepi jalan di depan bekas area pedagang kaki lima digunakan untuk parkir kendaraan.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengakui keberadaan parkir kendaraan di Jalan Pasar Kembang itu memicu kemacetan di kawasan itu. Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, lanjutnya, sudah tidak mengeluarkan surat izin bagi juru parkir di jalan tersebut. Namun untuk penataan parkir dan lalu lintas di jalan itu pemkot menunggu penataan pedestrian di Stasiun Tugu.

“Kesepakatannya ketika pedestrian jadi, itu tinggal pembersihan. Kami akan upayakan pertemuan dengan PT KAI terkait penataan pedestrian,” kata Heroe, Selasa (30/1).

Pihaknya berharap PT KAI berkomitmen menyelesaikan penataan pedestrian di Stasiun Tugu. Dia menyampaikan penataan itu juga berkaitan dengan fasilitas pelayanan publik di masyarakat seperti Kantor Kecamatan dan Koramil di Gedongtengen.

Selain penataan pedestrian di Stasiun Tugu, rencana pertemuan dengan PT Kereta Api Indonesia juga terkait pula rencana penutupan perlintasan kereta api di bawah jembatan layang Lempuyangan. “Bagaimana jika benar-benar ditutup. Harus ada upaya pengaturan lalu lintas di sana agar tidak macet. Apalagi akses jalan di sana selama cukup padat karena di tengah kota,” tambah Heroe.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Wirawan Haryo Yudo menegaskan, dinasnya sudah tidak ada surat izin untuk juru parkir di Jalan Pasar Kembang. Surat tugas parkir sebelumnya sudah dicabut seiring penaataan di kawasan itu sejak tahun 2017. Dia juga tak menampik ada kendaraan parkir di tepi jalan di Jalan Pasar Kembang karena banyak aktivitas ekonomi di tempat itu seperti hotel, stasiun dan kendaraan angkutan online.

“Operasi parkir terus kami lakukan selama ini. Untuk penataan di Jalan Pasar Kembangm kami menunggu hasil pembangunan pedestrian di stasiun. Kami akan lihat apakah ada ruang untuk parkir kendaraan di sana,” tambah Wirawan.

Secara terpisah Direktur Pembangunan PT KAI Daop VI Yogyakarta, Yunarwan Dwisyahputra memastikan akhir Februari area pedestrian di Stasiun Tugu Yogyakarta sebagian besar akan dirapikan. Dia menyebut total pedestrian mencapai 800 meter dan berhasil diselesaikan sekitar 150 meter. Proses pembangunannya akan dilakukan tiga tahap. “Teknis pekerjaan memakan waktu lama karena melalui berbagai mekanisme sdan menunggu dana. Sekarang sudah siap dilaksanakan. Yang jelas akhir Februari sudah bersih,” tutur Yunarwan. (Tri)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kapolresta Yogya menunjukkan barang bukti hasil penggrebekan di markas geng pelajar.
PULUHAN PELAJAR BIKIN ONAR-Polisi Grebek Markas Geng Klitih di Wirobrajan

YOGYA (MERAPI) -Markas geng pelajar "Respect" di wilayah Wirobrajan, Yogya digrebek aparat Polresta Yogya, Selasa (30/1) pagi. Sebanyak 28 pelajar

Close