Genjot PAD dari Wisatawan Tahun Baru

Genjot PAD dari Wisatawan Tahun Baru
Roehady Goenoeng

WATES (MERAPI) – Perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kulonprogo di sektor pariwisata sudah mencapai Rp 3.479.983.900 atau 96,99 persen dari target tahun 2017 yakni Rp 3.588.100.000 per 28 Desember. Dinas Pariwisata Kulonprogo pun merasa optimis, target tersebut bisa tercapai mengingat akan ada lonjakan kunjungan wisatawan pada perayaan tahun baru nanti.

Plh Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Rohedy Goenoeng menyampaikan, capaian PAD ini diluar perkiraan pihaknya mengingat persaingan objek wisata di wilayah DIY semakin ketat. Terlebih, beberapa waktu ini cuaca di DIY termasuk Kulonprogo tidak mendukung untuk berwisata. “Namun ternyata kami hampir berhasil memenuhi target,” katanya kepada wartawan di Media Center Kulonprogo, Kamis (28/12).

Meski pemenuhan target masih kurang sekitar 3 persen, namun Goenoeng optimis bisa mencukupi mengingat akan ada perayaan malam pergantian tahun yang dipastikan menyedot kunjungan wisatawan ke Kulonprogo. Berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jumlah pengunjung di objek wisata selalu mengalami peningkatan pada malam tahun baru, minimal 10 persen dari hari biasa.

“Kami perkirakan, jumlah pengunjung di Pantai Glagah saja berkisar 50.000 orang pada malam tahun baru. Ini baru Glagah, belum objek wisata lainnya seperti Waduk Sermo yang tahun lalu menyedot 6.800 kunjungan,” kata Goenoeng.

Goenoeng menyebutkan, ada lima lokasi yang menjadi pusat penyelenggaraan even tahun baru. Di Alun-alun Wates, Dinas Kebudayaan Kulonprogo menggelar acara bertajuk Dendang Bertalu, yakni prosesi budaya, parade band, pesta kembang api dan angguk koplo. Kemudian di kawasan wisata Pantai Glagah, Dinas Pariwisata Kulonprogo menggelar pentas jathilan dan pesta kembang api, sementara di Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat menggelar parade band, pesta lampion dan pesta kembang api. Acara ini masih berlanjut pagi harinya berupa orkes melayu New Mahesa atau pentas musik dangdut. (Unt)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
PKS Rombak Pimpinan Tingkat Kecamatan
PKS Rombak Pimpinan Tingkat Kecamatan

WATES (MERAPI) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kulonprogo meregenerasi pimpinan di tingkat kecamatan. Wajah-wajah baru yang

Close