Nuthuk Wisatawan, 6 Jukir Nakal Ditangkap Polisi

Kasubag Humas Polresta Yogya menunjukkan pelaku dan barang bukti parkir liar.
Kasubag Humas Polresta Yogya menunjukkan pelaku dan barang bukti parkir liar.

YOGYA (MERAPI)-Aparat Polresta Yogya kembali mengamankan juru parkir (jukir) nakal yang gemar menerapkan tarif nuthuk atau di luar batas kewajaran, Rabu (27/12) malam. kali ini, polisi berhasil mengamankan 6 oknum jukir. Dengan demikian selama dua hari, polisi sudah menangkap 9 jukir nakal. Aksi bersih-bersih jukir nakal ini nampaknya masih akan berlanjut demi memberi kenyamanan wisatawan.
Jukir yang diamkankan diketahui menarik tarif parkir di atas ketentuan. Sebagai sanksi, keenam jukir liar ini langsung menjalani sidang Tindak Pidana Ringan di PN Yogya.
Kabag Humas Polresta Yogya AKP Partuti kepada wartawan, Kamis (28/12) menjelaskan, keenam jukir liar ini ditangkap di 3 lokasi berbeda.
Mereka di antaranya FS (39) warga Ngampilan, Yogya dan JP (41) warga Gamping, Sleman yang ditangkap di Jalan Beskalan atau selatan Ramai Mall Yogya. Barang bukti yang diamankan adalah uang tunai Rp 425 ribu dan 8 lembar karcis dari FS dan uang Rp 260 ribu serta segepok karcis parkir. Keduanya diketahui memungut parkir Rp 3.000 untuk motor.

Kemudian di Jalan Tamansari Kraton, Yogya, polisi juga mengamankan dua jukir liar, yakni Ad (29) dan Ah (55) keduanya warga Kraton. Barang bukti yang diamankan dari As adalah uang parkir Rp 130 ribu dan karcis parkir. Sedangkan dari Ad, petugas menyita kartu parkir dan uang tunai Rp 145 ribu.
“Para pelaku dibekuk setelah menerapkan tarif parkir Rp 3 ribu untuk motor, mobil Rp 10 ribu dan kendaraan semacam elf Rp 20 ribu,” papar AKP Partuti.
Di tempat lain, yakni di Jalan Pekapalan atau depan Masjid Gedhe Kauman, polisi juga mengamankan MJ (42) warga Kadipaten dan MU (29) warga Kauman. Keduanya juga menarik parkir di luar ketentuan. Dari tangan keduanya, petugas menyita uang Rp 157 ribu dan karcis parkir.
Menurut AKP Partuti, penangkapan tersebut berawal dari laporan wisatawan yang menjadi korban jukir liar. Polisi langsung menindaklanjuti laporan itu dan mendatangi lokasi yang dimaksud. Para pelaku pun akhirnya dibekuk di 3 lokasi berbeda.(Riz)

Read previous post:
HASIL VERIFIKASI FAKTUAL SEMENTARA, Keanggotaan Parpol Baru Butuh Perbaikan
HASIL VERIFIKASI FAKTUAL SEMENTARA, Keanggotaan Parpol Baru Butuh Perbaikan

UMBULHARJO (MERAPI) - Partai politik baru harus berjuang untuk lolos menjadi calon peserta Pemilu 2019. Hasil verifikasi faktual sementara terhadap

Close