Desa Sidomoyo Manfaatkan Sumberdaya Air dan Budaya

Haryadi (kiri) didampingi Wisnu Hardono menunjukkan lokasi sarana olahraga terpadu. (Foto: Awan Turseno)
Haryadi (kiri) didampingi Wisnu Hardono menunjukkan lokasi sarana olahraga terpadu. (Foto: Awan Turseno)

PEMERINTAH Desa Sidomoyo, Godean, selain siap membangun sarana olahraga, juga telah memanfaatkan potensi sumberdaya air. Ketersediaan air yang melimpah menjadi salah satu faktor penting dan dikelola maksimal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu potensi tersebut adalah perikanan.

Pada tahun 2014, pemerintah desa yang terletak di sisi barat daya pusat Kabupaten Sleman ini telah membangun pasar desa khusus perikanan. Di lokasi tersebut dilengkapi pula kolam ikan untuk budidaya seluas 2 hektare milik kepala desa yang dimanfaatkan warga sekitar. Kini pasar ikan tersebut telah berkembang dan menjadi salah satu produk unggulan di sektor perikanan.

Kepala Desa Sidomoyo Haryadi menyampaikan, ke depan pihaknya akan memanfaatkan pula Selokan Mataran yang saat ini belum dikelola. Lokasi tersebut dikembangkan menjadi wisata air dan tempat pemancingan bagi masyarakat Sidomoyo dan sekitarnya. Diharapkan, warga sekitar tumbuh kreatifitas untuk membuka warung dan memanfaatkan lahan sebagai tempat parkir.

Kaur Umum Dwi Atmaji menambahkan, selain potensi alam, pemerintah desa kini terus berusaha melestarikan seni dan budaya yang terdapat di Sidomoyo. Minat masyarakat terhadap budaya lokal masih tinggi. Hal ini terbukti setiap ada pertunjukan kesenian daerah, warga sangat antusias untuk terlibat. Berbagai agenda merti dusun Selalu berjalan dengan baik tanpa mengandalkan anggaran dari pemerintah.

“Ini merupakan potensi yang harus digali dan dikembangkan. Bukan hanya melestarikan budaya
adiluhung, tetapi dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Sidomoyo. Dampaknya. Produk unggulan dan hasil kerajinan maupun olahan makanan UMKM dapat dipasarkan langsung kepala pengunjung yang hadir,” pungkas Dwi. (Awn)

 

Read previous post:
Denah sarana olahraga terpadu yang akan dibangun di Desa Sidomoyo.
Desa Sidomoyo Siap Bangun Sarana Olahraga Terpadu

GODEAN (MERAPI) - Berbagai strategi dilakukan oleh pemerintah desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus Pendapatan Asli Desa (PADes). Memanfaatkan sumber

Close