Longsor Rusak 4 Rumah

Warga kerja bakti memperbaiki rumah rusak yang diterjang longsor
Warga kerja bakti memperbaiki rumah rusak yang diterjang longsor

GIRIMULYO (MERAPI) – Bencana tanah longsor kembali terjadi di sejumlah titik wilayah Kulonprogo, Rabu (20/12). Peristiwa ini menyebabkan empat rumah di Kecamatan Girimulyo rusak parah serta memaksa puluhan warga untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Beruntung, tidak ada korban jiwa yang ditimbulkan lantaran para penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri.

Empat rumah yang rusak akibat bencana longsor berada di desa Pendoworejo dan Giripurwo. Di Pendoworejo, rumah yang rusak milik Karso Pawiro dan Sadiman di Dusun Kluwih, serta milik Kubirah di Dusun Jetis. Kemudian di Giripurwo, rumah yang rusak yakni milik Surip.

Salah satu pemilik rumah, Sadiman menuturkan, hujan deras mengguyur wilayah Dusun Kluwih sejak siang. Sekitar pukul 16.30 WIB, dirinya mendapati ada pergerakan tanah di tebing setinggi 25 meter samping rumahnya. “Saya langsung meminta semua keluar rumah mencari tempat aman,” katanya, Kamis (21/12).

Sesaat kemudian, terdengar suara bergemuruh diikuti longsoran tebing yang menghantam rumahnya. Bagian depan dan tengah rumah Sadiman rusak cukup berat. Korban longsor yang lain, Sutardi yang merupakan anak Karso Pawiro mengatakan, dirinya sempat mendapati pergerakan tanah di tebing dekat rumahnya. Ia kemudian berteriak meminta anggota keluarga yang berada di dalam rumah agar segera keluar. “Setelah itu, tebing langsung ambrol,” ujarnya.

Kasi Ketentraman dan Ketertiban, Kecamatan Girimulyo, Agus Suprihanta mengatakan, kondisi tanah di lokasi longsor masih labil dan berpotensi terjadi longsor susulan. Pihaknya mengimbau agar warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. (Unt)

Read previous post:
Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi saat menyematkan pita pada anggota dalam gelar pasukan pengamanan Operasi Lilin Candi
Teroris Masih Jadi Ancaman

SUKOHARJO (MERAPI) - Terorisme masih menjadi ancaman serius bagi aparat dalam melakukan penjagaan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018. Ratusan

Close