TERJUNKAN 500 PERSONEL SELAMA LIBUR AKHIR TAHUN PLN – Antisipasi Byar-Pet

Pemeriksaan peralatan penanganan gangguan jaringan listrik
Pemeriksaan peralatan penanganan gangguan jaringan listrik

BANTUL (MERAPI) – Menjelang libur akhir tahun ini, Perusahaan Listrik Negara (PLN)  bersiaga untuk memastikan kelancaran pasokan listrik. Perusahaan negara ini tidak ingin ada byar-pet selama Natal dan Tahun Baru, guna menjamin kenyamanan wisatawan yang berkunjung ke DIY. Selain itu masyarakat diimbau agar segera melaporkan gangguan atau potensi gangguan di wilayahnya, mengingat potensi cuaca buruk masih tinggi dan mengancam pasokan listrik.

Dalam Gelar Pasukan Siaga Keandalan Pasokan Listrik Natal dan Tahun Baru di Halaman Kantor PT PLN (persero) Area Yogyakarta, Manajer PLN Area Yogyakarta, Eric Rossi Priyo menyampaikan berbagai upayanya dalam menjamin pasokan listrik kepada masyarakat. Apel siaga yang didikuti oleh petugas dan seluruh jajaran PLN ini, sebagai bentuk kesiagaannya menanggulangi ancaman gangguan selama libur tersebut. “Jangan sampai terjadi byar-pet, kalau pun terjadi harus cepat menyala,” tegasnya, Kamis (21/12) pagi.

Eric menambahkan, petugas juga harus memprioritaskan kesehatan, keselamatan, dan peralatan kerja (K2K3) dalam penanganan gangguan. Sehingga penganggulangan dilakukan dengan semestinya tidak hanya asal menyala. Eric juga menyempatkan untuk memeriksa alat-alat perlengkapan petugas yang dipamerkan saat itu. “Saya yakin semua sudah sesuai dengan ketentuan, baik alat maupun prosedur. Namun biasanya cuaca ektrim ini yang menjadi kendala petugas di lapangan,” sebutnya.

Hal ini juga disampaikan oleh Humas PLN Area Yogyakarta, Paulus Kardiman. Menurutnya dari data yang diperolehnya mayoritas gangguan yang terjadi lebih pada jaringan kelistrikan. Gangguan jaringan kelistrikan ini banyak terjadi di Bantul, seperti ranting dan batang pohon yang mengenai kabel listrik. Sehingga pihaknya mengharapkan agar masyarakat memperhatikan kondisi sekitar. Apabila mendapati gangguan semacam itu, sebaiknya segera lapor agar dapat ditangani secepatnya. “Sebelum mengganggu sebaiknya dibereskan dulu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kardiman mengatakan dalam pergantian cuaca musim hujan atau pun musim kemarau banyak juga terjadi korosi pada elemen kelistrikan. Efek kimia pada musim ini banyak mengganggu dan menyebabkan pasokan tidak maksimal. Dalam apel tersebut menghadirkan setidaknya 7 tim pelayanan teknis (yantek) terdiri dari 339 personel, Tim PDKB 8 personil, 10 vendor (136 personil), dan 12 armada. Seluruhnya menurut Kardiman dipastikan siaga selama musim liburan kali ini. “Siaga itu setiap saat, tapi kali ini kita mantabkan lagi,” tegasnya.

Sementara, Kardiman menyampaikan bahwa penanganan gangguan setiap kasus berbeda. Hal ini tergantung dari jenis kerusakan, dan medan menuju titik kerusakan. Sehingga pihaknya mengharap potensi gangguan bisa diselesaikan sebelum gangguan itu terjadi. “Jaringan kita sampai ke pelosok, tentu akan berpengaruh pada proses penanganan,” pungkasnya. (C1)

Read previous post:
Gelar Pengamanan Natal Dan Tahun Baru di Gunungkidul
Waspadai Kemacetan dan Longsor Jalan ke Obwis

WONOSARI  (MERAPI) - Polres Gunungkidul melakukan gelar operasional  Operasasi pengamanan Natal Dan Tahun Baru 2018 bersandi  “Lilin Progo 2017” di

Close