SUBARDI KETAKUTAN-Penjaga Kandang Dikejar Macan Kumbang

PAKEM (MERAPI)- Seekor hewan buas yang diduga sebagai macan kumbang terlihat di kandang kambing milik Guwarso di Dusun Candirejo, Candibinangun, Pakem, Sleman, Jumat (15/12) pagi. Hewan buas itu memangsa 7 ekor kambing. Bahkan hewan itu juga mengejar penjaga kandang yang memergokinya.
“Sebanyak 3 ekor kabming mati dan 4 lainnya luka akibat diserang binatang buas itu,” kata Kapolsek Pakem Kompol Haryanta kepada <I>Merapi<P>, Minggu (17/12). Haryanta mengatakan, pihaknya kini masih menyelidiki tentang asal-usul hewan buas itu. Termasuk apakah benar hewan itu merupakan macan kumbang. Namun melihat lokasi kandang, besar kemungkinan hewan itu berasal dari lereng Gunung Merapi.

Menurut Haryanta, kandang berisi 93 ekor kambing itu dijaga oleh dua orang, yakni Supriyono dan Subardi. Pada Jumat dinihari pukul 01.00, Subardi dikejutkan dengan suara aneh di sekitarnya. Di tengah gelapnya malam, dia mendengar suara lolongan anjing yang tak berhenti. Karena penasaran, dia kemudian menuju kandang kambing tak jauh dari rumahnya. Dia mengecek kondisi kambing-kamnbing yang dijaganya itu.

Saksi kemudian menyorot dengan lampu senter ke arah kandang. Saat itu, lampu senter menangkap seekor hewan buas yang tengah memangsa kambing-kambing di kandang itu. “Dari penuturan saksi, dia mengaku melihat hewan berwarna gelap dan dia meyakini sebagai macan kumbang,” jelas Haryanta. Hewan buas itu, katanya, kemudian mengejar sumber cahaya. Melihat binatang itu berlari ke arahnya, Subardi kemudian buru-buru lari menuju rumah panggung di dekat kandang. Dia pun bersembunyi selama tiga jam di rumah panggung itu.

Dikatakan Haryanta, sekitar pukul 04.00, Subardi baru berani turun dari rumah panggung. Dia lantas melihat ke kandang dan mendapati 3 ekor kambing mati serta 4 ekor lainnya terluka. “Ada bekas gigitan di leher kambing-kambing yang mati. Bahkan satu ekor kambing perutnya terkoyak dan bagian hatinya hilang,” ujarnya.
Kejadian tersebut kemudian dilaporklan kepada kepala dusun setempat, Sumaryati dan dilanjutkan kepada Kades Candibinangun. “Laporan ini langsung ditindaklanjuti Bhabinkamtibmas Desa Candibinangun Aiptu Sudirman serta Bhabinsa,” ujar Haryanta. Hingga kini, kata dia, petugas masih berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan jenis hewan itu. Masyarakat pun diimbau tetap tenang namun waspada. “Kandang itu jauh dari permukiman warga, meski sudah dipagar keliling. Kami mengimbau warga segera melapor jika menemukan kejadian serupa,” tandasnya.(Shn)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kontingen Kabupaten Sleman tampil sebagai juara umum pada kejuaraan atletik bertajuk Sirkuit Atletik BPD DIY III-2017
SIRKUIT ATLETIK BPD DIY III-2017 – Sleman Tampil Sebagai Juara

SLEMAN (MERAPI) - Kontingen Kabupaten Sleman tampil sebagai juara umum pada kejuaraan atletik bertajuk Sirkuit Atletik BPD DIY III-2017. Pada

Close