Wajib Pajak Dilayani Online

Wajib Pajak Dilayani Online
Proses pengisian SPTPD bisa lewat online.

GONDOMANAN (MERAPI) – Pengisian surat pemberitahuan pajak daerah kini bisa dilakukan secara elektronik (e-SPTPD) sehingga memudahkan pembayaran pajak secara online lewat bank. Namun e-SPTPD itu baru menyasar pembayaran pajak hotel, restoran, hiburan dan parkir.

“Dengan layanan e-SPTPD ini setiap wajib pajak cukup mengisi formulir secara online. Setelah itu wajib pajak akan menerima e-billing sebagai bukti untuk membayar pajak di bank,” kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta, Kadri Renggono, usai peluncuran e-SPTPD, Kamis (7/12).

Dia menjelaskan sebelum ada e-SPTPD, setiap wajib pajak harus mengisi formulir SPTPD di loket pembayaran pajak daerah di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan 3 Yogyakarta. Pengisian formulir secara manual itu dilakukan wajib pajak pada tanggal 1 hingga 10 setiap bulan.

Dalam Pelayanan e-SPTPD itu Pemkot Yogyakarta bekerjasama dengan Bank BPD DIY. Wajib pajak dapat mengisi formulir e-SPTPD menggunakan komputer ataupun tablet yang tersambung ke internet di laman http://sptpd.jogjakota.go.id/.

Untuk mengakses e-SPTPD wajib pajak harus memberikan alamat email ke petugas BPKAD Kota Yogyakarta. Email tersebut untuk mengirimkan kode pembayaran atau e-billing hasil pengisian e-SPTPD. “Wajib pajak hanya perlu untuk mendaftar secara online. Pendaftaran secara online itu juga untuk pemutakhiran data wajib pajak,” imbuhnya.

Pihaknya mengakui kini layanan e-SPTPD baru untuk 4 pajak daerah. Dia beralasan keempat jenis pajak yakni hotel, restoran, hiburan dan parkir menggunakan metode perhitungannya self assessment. Selain itu nominal keempat wajib pajak itu cukup besar.

“Tidak menutup kemungkinan, semua jenis pajak akan kami layani secara online untuk peningkatan pelayanan dan akuntabilitas pajak daerah. Makanya kami berusaha memberikan pemahaman kepada wajib pajak terkait mekanisme pembayaran pajak secara elektronik,” terangnya.

Menurut seorang wajib pajak, Galih Taufan, layanan e-SPTPD itu membantu. Dirinya tidak perlu lagi harus datang ke kantor di Balaikota untuk mengisi formulir untuk pembayaran pajak hotel tempat dia bekerja. “Sangat praktis karena prosesnya cepat. Sekarang juga tidak perlu lagi antri di loket dan bisa langsung dibayar Bank BPD mana saja,” tambah Galih. (Tri)

Read previous post:
98% Masyarakat Sleman Terlayani Air Bersih

SLEMAN (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Sleman telah mampu menyediakan air minum bagi 98,77 persen masyarakat di Kabupaten Sleman. Namun angka

Close