DUA RUMAH DIGELEDAH BNN – Simpan Bahan Baku Pembuatan Pil PCC

Ilustrasi Simpan Bahan Baku Pembuatan Pil PCC
Ilustrasi Simpan Bahan Baku Pembuatan Pil PCC

SUKOHARJO (MERAPI) – Dua buah rumah kontrakan di wilayah Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol dan Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo Kota, Sukoharjo digeledah Badan Narkotika Nasional (BNN). Petugas mendapati bahan baku pembuatan pil PCC dan dilakukan penyitaan.

Camat Grogol Bagas Windaryatno, Senin (4/12) mengatakan, pengerebekan dilakukan petugas BNN pada Minggu (3/12). Rumah tersebut berada di Jalan Gelatik Raya Blok S Nomor 12 RT 4 RW 7 Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol. Rumah dikontrak oleh Wildan sekitar 3 – 4 tahun.

Saat dilakukan penggeledahan oleh petugas BNN diketahui rumah tersebut dipakai untuk menyimpan bahan baku pembuatan pil PCC. Penggeledahan dilakukan petugas BNN dengan mengajak sejumlah saksi seperti ketua RT dan keamanan perumahan.

Hasil dari penggeledahan ditemukan barang bukti berupa 52 sak bahan baku pembuatan pil PCC berupa Carissco. Per sak berisi sebanyak 25 kilogram. Barang bukti tersebut kemudian diamankan oleh petugas BNN.

“Rumah yang digeledah BNN hanya kontrakan dan dikontrak oleh seseorang bernama Wildan. Pemilik rumah sudah lama mengontrakan rumah karena tidak ditempati sendiri,” ujar Bagas Windaryatno.

Bagas mengatakan, dari keterangan warga sekitar Wildan memang jarang berinteraksi. Para tetangga bahkan tidak mengenal sama sekali Wildan.

“Tetangga tidak kenal Wildan dan baru tahu setelah ada penggeledahan dari BNN,” lanjutnya.

Atas kejadian tersebut pihak Kecamatan Grogol meminta kepada desa dan pengurus RT/RW termasuk warga untuk aktif melakukan kontrol lingkungan. Hal itu dimaksudkan sebagai upaya meminimalisir terjadinya praktek pelanggaran.

“Rumah yang digeledah ini hanya untuk menyimpan bahan baku saja dan bukan tempat produksi atau pabrik. Penggeledahan ini pengembangan dari penggeledahan petugas terhadap sebuah pabrik pembuatan pil PCC di Solo,” lanjutnya.

Kasat Narkoba Polres Sukoharjo AKP AA Gede Oka mengatakan, memang benar ada penggeledahan dua buah rumah di wilayah Sukoharjo, pertama yakni di Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol dan Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo Kota. Penanganan kasus tersebut sepenuhnya ditangani oleh BNN.

“Rumah yang digeledah BNN merupakan tempat penyimpanan bahan baku pembuatan pil PCC. Pabriknya sendiri berada di Kota Solo,” ujarnya.

AKP Gede Oka menambahkan, penggeledahan sudah dilakukan oleh petugas BNN pada Minggu (3/12). Rencananya penggeledahan serupa juga akan kembali dilakukan pada Senin (4/12). (Mam)

Read previous post:
Perajin karak asal Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Joko Purwanto menunjukan proses penjemuran bahan baku mentah
Produksi Perajin Karak Gadingan Turun

SUKOHARJO (MERAPI) - Perajin karak di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban mengalami penurunan produksi. Hal tersebut terjadi karena terpengaruh kondisi cuaca.

Close