BUS NABRAK TEBING DI IMOGIRI-2 Kali Rem Rusak, Sopir Ngotot Lanjutkan Perjalanan

Bagian depan bus hancur setelah menghantam bukit Bego di Imogiri
Bagian depan bus hancur setelah menghantam bukit Bego di Imogiri

IMOGIRI (MERAPI)- Bus Langsung Jaya AD 1425 EF sempat mengalami kerusakan rem sebanyak dua kali dan dua kali juga tidak kuat menanjak, sebelum akhirnya menabrak Bukit Bego di turunan Dusun Kedungbuweng, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Minggu (3/12) siang. Meski sudah ada tanda kerusakan, namun sopir ngotot melanjutkan perjalanan.

Salah seorang penumpang, Dwi Yulianto (40) kepada Merapi mengatakan, bus yang berisi 53 orang rombongan wisata tersebut sudah mengalami kerusakan pada sistim pengeremannya. Pada perjalanan menuju ke Yogyakarta, tepatnya di daerah Delanggu, Klaten bus tersebut berhenti cukup lama karena handrem tidak berfungsi normal. Setelah diperbaiki sekitar 1 jam, bus bisa melanjutkan perjalanan kembali. Namun tidak berselang lama, rem bus kembali mengalami masalah yang sama. Saat itu penumpang sudah meminta untuk mengganti bus, namun menurutnya sang sopir tetap ngotot untuk melanjutkan perjalanan menggunakan bus yang sama. “Hand-remnya ngancing, tidak bisa jalan. Kita kan sudah khawatir,” sebutnya.

Ria Yuliana, selaku bendahara panitia rombongan yang ikut menjadi korban menceritakan kekhawatiran para penumpang di dalam bus Langsung Jaya tersebut. Wanita yang mengalami luka di bibir dan kaki itu hanya bisa duduk di atas kursi roda. Dia mengatakan rombongannya berangkat dari Boyolali pukul 07.00 pagi melewati Jalan Yogya-Solo. Sesampainya di daerah Klaten Jawa Tengah, bus berhenti lantaran ada gangguan pada sistem pengeremannya. “Berhenti di tengah jalan, katanya sampai di Tebing Breksi akan diperbaiki,” ungkapnya.
Upaya perbaikan itu pun tidak dilakukan oleh sang sopir saat rombongan berwisata ke Tebing Breksi. Ria melanjutkan, bus tersebut membawa rombongan menuju ke Hutan Pinus Mangunan melalui jalur Imogiri. Sejak menanjak pertama kali Ria mengaku sudah was-was karena bus seperti tidak kuat. Kejadian pertama kali dialami rombongan saat berada di tikungan menanjak sekitar pintu masuk Obyek Watu Goyang. Saat itu Ria duduk tepat di kursi samping sopir dan melihat sopir sempat kaget berpapasan dengan mobil lain di tikungan tersebut. Akhirnya bus mepet ke sisi kiri dan berhenti di tengah tanjakan. Bus pun kesulitan untuk berjalan karena ban belakang terperosok badan jalan yang berlumpur. “Akhirnya ditarik dengan mobil tangki yang kebetulan lewat. Saat itu pun sopirnya melarang kami untuk turun sampai busnya doyong,” imbuhnya.

Kemudian, setelah berhasil ditarik menggunakan mobil tangki bus tersebut melanjutkan perjalanan menuju Hutan Pinus. Namun lagi-lagi di tanjakan menikung yang hanya berjarak 400 meter dari Watu Goyang, bus berpapasan lagi dan berhenti di tengah tanjakan. Kali ini penumpang dibuat menjerit dan sangat khawatir lantaran bus sempat mundur beberapa meter karena rem yang tidak kuat menahan. “Sopirnya tidak membunyikan klakson saat di tikungan, jadinya sering kaget. Akhirnya Mas Susilo (korban tewas) yang mencet klakson,” ungkap Ria yang saat itu belum mengetahui kondisi Susilo menjadi korban meninggal dunia.
Setelah berkunjung di Hutan Pinus, karena khawatir banyak ibu-ibu dalam rombongan itu yang meminta untuk langsung pulang. Namun sang sopir menurutnya ngotot melanjutkan perjalanan menuju ke lokasi selanjutnya yakni Rumah Hobit. Namun karena para penumpang memaksa akhirnya kunjungan kedua di Mangunan itu pun dibatalkan. Hingga kejadian nahas menimpa rombongan ini di jalur menurun Bukit Bego.

Seperti diketahui, Bus Langsung Jaya AD 1425 EF yang membawa rombongan wisatawan dari Boyolali menabrak tebing BUkit Bego di turunan Dusun Kedungbuweng, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Minggu (3/12) siang. Akibat kejadian ini, dua orang dinyatakan tewas di lokasi kejadian. Diduga, kecelakaan disebabkan bus mengalami rem blong.  Dua korban tewas adalah kernet bus, Wahyudi dan seorang wisatawan, Susilo. <B>(C-1)<P>

Read previous post:
Bagian depan bus hancur setelah menghantam bukit Bego di Imogiri
DIDUGA REM BLONG-Bus Nabrak Tebing di Imogiri, 2 Wisatawan Tewas

IMOGIRI (MERAPI)-Bus Langsung Jaya yang membawa rombongan wisatawan dari Boyolali menabrak tebing di turunan Dusun Kedungbuweng, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Minggu

Close