Cuaca Buruk Perajin Genting Merugi

Seorang pekerja sedang menata batu bata
Seorang pekerja sedang menata batu bata

GODEAN (MERAPI) – Hujan lebat yang mengguyur wilayah DIY dan sekitarnya selama beberapa hari ini, membuat sebagian perajin genting dan batu bata mulai resah. Pasalnya mereka tidak bisa berprodusi seperti biasanya.

Mujono (52) salah seorang perajin genting dan batu bata warga Karang Beran Margodadi Sayegan mengatakan setiap musim hujan datang para perajin dirundung kegelisahan. Apalagi jika cuaca mendung dari pagi hingga sore.

Para perajin harus menurunkan hasil produksinya untuk menyiasati agar tidak merugi, saat musim hujan ini produksi genteng turun hingga 50 persen. “Selain itu produksi genteng juga terkendala semakin sulitnya mencari bahan baku tanah liat,” kata Mujono, Rabu (29/11).

Menurut dia, hujan sangat memengaruhi aktivitas pengeringan hasil cetakan genteng, baik yang pres maupun tradisional. “Dengan kondisi hujan seperti ini saya hanya bisa memprodukai 300-500 genting, dan 700-1.000 bata,” katanya.

Ia mengatakan, dengan kondisi hujan ini waktu pengeringan jauh lebih lama, yakni bisa mencapai satu minggu baru kering. “Proses pengeringan hampir satu minggu itupun kadang pengeringan tidak maksimal, kalau cuaca panas hanya dua hari,” jelasnya.

Mujono mengatakan, selain terkendala masalah pengeringan, perajin genteng saat ini juga dihadapkan semakin sulitnya mencari bahan baku berupa tanah liat. “Harga tanah liat saat ini juga semakin naik,” beber Mujono.

Mujono menambahkan musim hujan ini tidak hanya menyebabkan sulitnya proses pengeringan, tetapi juga naiknya harga genteng di pasaran. Menurutnya warga Sayegan mayoritas menggantungkan hidup dari membuat genteng tanah liat serta batu bata. “Mudah-mudahan cuacanya kembali baik dan kami bisa memproduksi genting dan bata lagi,” pungkasnya. (Shn)

Read previous post:
Ilustrasi - Wisata Gua Pindul
Wisata Susur Gua Sementara Ditutup

WONOSARI (MERAPI) - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menutup objek wisata susur sungai dan susur gua karena sungai bawah meluap dan

Close