Sleman Kembali Raih Penghargaan

Sri Purnomo menerima penghargaan dari Teten Masduki
Sri Purnomo menerima penghargaan dari Teten Masduki

SLEMAN (MERAPI) – Kabupaten Sleman kembali menerima penghargaan bergengsi dari Pemerintah Pusat. Kali ini penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City diterima Bupati Sleman Sri Purnomo bersama 23 kepala daerah lain yang diserahkan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Teten Mazduki didampingi Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Samuel A Pangerapan di Hotel Santika Jakarta, Rabu (15/11) malam.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan, penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada 24 kota/kabupaten yang telah menyelesaikan tahap pertama Gerakan Menuju 100 Smart City.

Gerakan Menuju 100 Smart City merupakan program bersama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan. Tujuannya untuk membimbing pemerintah kota/kabupaten dalam menyusun Smart City Masterplan.

Masterplan pengembangan smart city berisi berbagai program masing-masing daerah hingga 10 tahun ke depan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi. Selain masterplan, setiap daerah diwajibkan membuat program quick win yang dapat segera dirasakan manfaatnya baik oleh masyarakat maupun pemerintah daerah. Quick win menjadi gambaran bagi masyarakat mengenai efektivitas program smart city.

Rudi menambahkan, dengan gerakan ini pemerintah kota/kabupaten diharapkan dapat lebih maksimal memanfaatkan teknologi baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasi potensi yang ada di masing-masing daerah.

“Smart city bukan hanya soal teknologi tetapi bagaimana membuat cara baru untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” lanjut Rudiantara.

Pada kesempatan tersebut, Sri Purnomo menyampaikan, smart city merupakan program jangka panjang. Sehingga dibutuhkan komitmen dan konsistensi dari pemerintah daerah dalam mengawal program-program yang sudah disusun.

“Program yang sudah kita laksanakan harus dijalankan terus. Dalam membangun Kabupaten Sleman ke depan, sudah memiliki perencanaan yang tertuang dalam RPJMD. Kita harus konsisten untuk melaksanakan,” ungkap Sri.

Sri Purnomo menjelaskan, pada tahun 2017 Sleman telah merampungkan 5 quick win, yakni Satu Data UMKM, Smart Room, Lapor Sleman, Rumah Kreatif Sleman, dan Sleman Creative Space. Selain quick win ini, Kabupaten Sleman juga telah berhasil menyelesaikan masterplan pengembangan smart city. Sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman, masterplan pengembangan smart city akan ditetapkan dalam Peraturan Bupati (Perbup).

“Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta untuk mengirimkan program-program kreatif, inovatif, serta program lain terkait smart city. Mereka kita dorong semua. Dengan program smart city ini, pelayanan kepada masyarakat akan lebih inovatif, cepat, terukur, dan mudah,” pungkasnya. (Awn)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Tanaman daun bidara masih anakan
Daun Bidara Atasi Gangguan Pencernaan

TANAMAN daun bidara tersebar di beberapa negara serta dilestarikan keberadaannya. Tanaman ini senang tumbuh di tempat yang kering. Warga di

Close