KPUD Pati Cek KTA Parpol

KPUD Pati Cek KTA Parpol
Petugas KPUD Pati melakukan verifikasi di lapangan mengenai keanggotaan parpol.

PATI ( MERAPI ) – KPUD Pati mulai mengecek (verifikasi) keanggotaan partai politik. Berdasar data Sipol tercatat sebanyak 1.262 nama. Dari pengecekan di lapangan tersebut akan diketahui status pekerjaan dan kemungkinan adanya nama-nama ganda sebagai anggota di parpol lain.

Keterangan yang dihimpun menyebutkan, KPUD Pati mensinyalir adanya indikasi ketidaksesuaian data KTP dengan kondisi yang sebenarnya.

Anggota komisioner KPUD Pati, Supriyanto SH yang dihubungi wartawan, mengatakan verifikasi sebagai tindak lanjut tahapan penelitian administrasi. “Sesuai Peratuan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan Pemilu 2019, penelitian administrasi mulai 17 Oktober sampai 15 November” ujarnya Rabu (8/11).

Hasil penelitian akan disampaikan pada 16-17 November. Lalu parpol diberikan kesempatan memperbaiki administrasi pada 18 November sampai 1 Desember.

“Ada 28 petugas yang dilibatkan dalam tahapan verifikasi” tegas Supriyanto SH.

Menyinggung masalah pengecekan status pekerjaan, Supriyanto menilai jika sektor tersebut untuk mengetahui profesi seorang anggota. Karena berdasar undang-undang, ada beberapa jenis pekerjaan yang orangnya tidak boleh menjadi anggota parpol. Misal anggota TNI, Polri, ASN dan kepala desa.

Menjawab pertanyaan mengenai kegandaan data anggota, Supriyanto menengarai ada nama yang sama muncul di lebih dari satu parpol. “Petugas akan mengecek nama anggota yang didaftarkan ke KPU RI memenuhi syarat sebagai anggota parpol,” katanya.

Supriyanto menegaskan, pihaknya akan kembali melakukan penelitian administasi hasil perbaikan pada 2-11 Desember.

Dalam tahapan verifikasi keanggotaan parpol ini, pihak KPUD Pati melakukan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) guna mengecek kebenaran nama-nama keanggotaan parpol. (Cuk)

Read previous post:
Jembatan Gadingan Segera Dibangun
Jembatan Gadingan Segera Dibangun

SUKOHARJO (MERAPI) - Pembangunan jembatan permanen di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban yang menghubungkan dengan Beton, Kampung Sewu, Kota Solo jadi

Close