Lahan Kopi dan Sengon Terbakar

MERAPI-ANTARA/ANIS EFIZUDIN Kepulan asap dari kebakaran hutan gunung Sumbing difoto dari Desa Pagergunung, Bulu, Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (11/9).
Ilustrasi

TEMANGGUNG (MERAPI) – Api membakar perkebunan kopi dan sengon di Dusun Gandulan Desa Gandulan Kecanatan Kaloran Temanggung. Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten setempat bersama petugas pemadam kebakaran dan warga berhasil memadamkan api sebelum merambat ke pemukiman.

Plt Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan kebakaran terjadi Rabu (4/9) petang. Lahan yang terbakar berupa semak belukar. Warga lantas berusaha memadamkannya dengan cara manual, tetapi api justru semakin besar dan meluas.

” Api telah diusahakan dipadamkan tetapi meluas hingga mendekati pemukiman,” kata Gito, Rabu.

Dikatakan, seorang warga Mariman kemudian melaporkan pada petugas pemadam kebakaran dan BPBD untuk bantuan pemadaman, yang ditindaklanjuti dengan pengiriman 4 unit mobil pemadam dan personel BPBD.

Dikatakan pemadaman akhirnya berhasil setelah berjuang sekitar 3 jam. Sedangkan lahan pertanian kopi dan sengon yang terbakar adalah milik Ridho dan Siswanto. ” Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, termasuk kerugian namun diperkirakan jutaan rupiah,” katanya. (Osy)

Read previous post:
Keutamaan Membaca Alqur’an

BANYAK sekali keutamaan serta manfaat yang bisa kita ambil dari membaca Kitab Suci Alqur’an; Pertama, Allah akan menolong kita dari

Close