Lazismu Bandongan Bantu Warga Cukupi Lebaran

MERAPI-Zaini Arrosyid Warga mendapatkan bingkisan dari Lazismu Bandongan.
MERAPI-Zaini Arrosyid
Warga mendapatkan bingkisan dari Lazismu Bandongan.

MUNGKID (MERAPI) – Sebanyak 2019 warga tidak mampu di kaki Gunung Sumbing wilayah Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang mendapatkan bingkisan dan uang tunai untuk berlebaran dari Lazis Muhammadiyah (Lazismu), kecamatan setempat, Minggu (26/5).

Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bandongan Syaifuddin Ahmad mengatakan mereka yang mendapat bingkisan mayoritas dari kaum dhuafa, baru setelahnya pengurus masjid, pelajar dan guru.

” Pentasyarufan kali ini menjelang akhir Ramadan, maksudnya untuk membantu warga dalam memenuhi kebutuhan Lebaran,” kata Saifuddin, ditemui disela kegiatan.

Dia mengatakan bingkisan berupa sembako dan sejumlah uang tunai. Jumlahnya mungkin tidak banyak namun diharapkan dapat meringankan beban warga terutama pada menjelang Idul Fitri yang kebutuhan hidupnya semakin besar. ” Nilai yang ditasyarufkan atau disalurkan Lazismu sejak 6 tahun lalu telah mencapai Rl 1 miliar, ” katanya.

Dia mengatakan kedepan Lazismu Bandongan akan meluncurkan produk baru yakni bantuan dibidang peternakan dan modal usaha untuk kaum muda produktif, yang bekerja sama dengan sejumlah pihak termasuk Baznas.

Camat Bandongan Mulyatno mengapresiasi semakin meningkat dan berkembangnya Lazismu Bandongan, yang kiprahnya terbukti nyata membantu warga tak mampu termasuk dalam pengentasan kemiskinan.

” Warga miskin di Kecamatan Bandongan terus berkurang dan Lazismu punya andil didalamnya dalam mengurangi jumlah warga miskin,” katanya.

Dia berharap Lasizmu terus berkembang, dan produk-produk barunya semakin dapat membantu pemerintah dalam mempercepat program pengentasan kemiskinan, dan pengembangan dunia usaha kecil dan menengah.

Pada acara itu juga terdapat kegiatan lain yang diantaranya pemeriksaan dan pengobatan gratis dari Klinik Nailu Syiafa dan pasar murah untuk penggalangan dana kegiatan sosial dan kemanusiaan.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari Al Ngluwari mengatakan sangat terkesan dengan kegiatan Lazismu Bandongan, terutama dalam partisipasi bantuan untuk kemanusiaan, pendidikan dan ekonomi produktif.

” Diharapkan kiprah Lazismu Bandongan semakin besar ke depannya. Dan semakin bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program-program produktif,” katanya. (Osy)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Ayo Jadi Entrepreneur Muda

KARANGANYAR (MERAPI) - Lulusan SMA, SMK dan MA di Karanganyar diajak mengikis paradigma lama dalam bekerja. Menjadi pegawai atau karyawan

Close