Hujan Deras Sebabkan Longsor

Longsor bukit menutup total jalan antardesa di Jumantono. (Eoto:Abdul Alim)
Ilustrasi longsor.

TEMANGGUNG (MERAPI) – Longsor terjadi di tiga lokasi akibat hujan deras yang mengguyur di Kabupaten Temanggung. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian mencapai belasan juta dan sejumlah warga terpaksa mengungsi karena tempat tinggalnya terancam.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi Senin (8/4) mengatakan tanah longsor terjadi di Dusun Bendan Rt 1 Rw 4 Desa Kebonsari Kecamatan Wonoboyo di tengah guyuran hujan deras. Akibatnya tebing di balakang rumah longsor dan menimpa jalan dusun yang mengancam 4 rumah.

Tebing yang longsor dengan volume longsor tinggi 25 meter, panjang 50 meter dan lebar 4 meter. Kerugian mencapau Rp 2 juta.

“Rumah yang terancam milik Turmudi, Sulistiono, Sohihun, Sriyono, dan Rudi,” katanya.

Dikatakan kejadian tanah longsor juga terjadi di Dusun Tambahsari Rt 1 Rw 2 Desa Bansari Kecamatan Bansari. Hujan deras mengakibatkan pondasi di belakang rumah longsor milik Suroto (34) longsor. Volume longsor tinggi 4 meter, panjang 6 meter, dengan kerugian Rp 3 juta.

Disampaikan di Dusun Katekan 01 /02 Desa Katekan Kecamatan Ngadirejo membuat saluran air kurang berfungsi maksimal hingga mengakibatkan talud penahan rumah milik Rukino (62) longsor. Talud yang longsor dengan panjang 13 meter, panjang 13 meter dan tinggi 2,5 meter. ” Akibat longsor talud itu membuat sebagian rumah milik rukino rusak. Kerugian mencapai Rp 10 juta,” katanya.

Dikatakan TNI, Polri, BPBD, dan relawan tengah membersihkan lelongsoran. Sedangkan BPBD sudah memberikan bantuan pada warga. (Osy)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Pemkab Sukoharjo Realisasikan Pembentukan Kampung KB di 12 Kecamatan

SUKOHARJO (MERAPI) - Pemkab Sukoharjo akhirnya berhasil merealisasikan pembentukan Kampung Keluarga Berencana (KKB) di 167 desa dan kelurahan di 12

Close