Bencana Alam Menimpa Temanggung

MERAPI-Zaini Arrosyid Petugas dan warga bergotong royong memperbaiki.
MERAPI-Zaini Arrosyid
Petugas dan warga bergotong royong memperbaiki rumah warga.

TEMANGGUNG (MERAPI) – Sejumlah bencana alam terjadi di Kabupaten Temanggung sepanjang Selasa (26/3). Badan Penanggulangan Bencana Daerah melaporkan kerugian mencapai puluhan juta namun meski begitu tidak ada korban luka dan jiwa.

Plt Kepala Harian BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan bencana angin ribut berlangsung sekitar 3 menit di Dusun Ngroto Rt 2 Rw 2 Desa Pagergunung Kecamatan Pringsurat pada pukul 01.00 WIB. Angin disertai hujan deras ini merobohkan atap bangunan gedung TPQ . Beruntung saat kejadian tidak ada warga didalamnya. Kerugian mencapai Rp 35 juta.

Dikatakan di Dusun Ngancar Rt 1 Rw 5 Desa Purwosari Kecamatan Kranggan katanya angin ribut membuat pohon sengon tumbang dan menimpa atap rumah Suwandi (51). Ukuran atap yang rusak 6 meter x 7 meter dengan taksiran kerugian Rp 12 juta. Kendati demikian tidak ada korban luka dan jiwa.

Disampaikan hujan disertai angin mengakibatkan tanah longsor di jalan raya menuju Dusun Toleh Desa Kaloran. Tanah menutup badan jalan dengan volume panjang 20 meter dan tinggi 7 meter. Material longsor berupa pohon menimpa instalasi kabel listrik hingga putus sehingga memadamkan listrik di kampung.
Longsor katanya, juga menimpa jalan raya Desa Sigedong menuju Nglarangan Kecamatan Tretep, karena ada lahan pertanian yang longsor. Volume material tinggi 10 meter dan lebar 5 meter. Sedangkan di Desa Tening longsor terjadi di Dusun Semampir Desa Tening dan Jalan Raya Dusun Semampir menuju Dusun Wanangsari Desa Tening.

“Tebing di sisi jalan longsor, dan menutup badan jalan. Rumah warga juga terancam akibat longsor ini,” katanya.

Gito mengatakan di Desa Bendungan Kecamatan Tretep juga terkadi longsor, yakni di Rt 6 Rw 1 dan Rt 5 Rw 1 Dusun Bendungan Desa Bendungan Kecamatan Tretep. Longsor ini menimpa rumah Walminah dan mengancam rumah Sakum. Kerugian mencapai Rp 3 juta.

Dikatakan TNI, Polri, BPBD, dan relawan beserta warga bergotong royong untuk membersihkan material longsor dan membetulkan bangunan. (Osy)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
AKSES MENUJU PANTAI CONGOT DITUTUP UNTUK PROYEK BANDARA-Warga Protes Minta Jalan Pengganti

TEMON (MERAPI) - Penutupan jalan menuju Pantai Congot, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon Kulonprogo di area IPL Bandara NYIA yang dilakukan

Close