Capaian Pajak 99,97 Persen

MERAPI-Zaini Arrosyid Wakil Bupati Temanggung menyerahkan SPT pada Kepala KPP Pratama Temanggung
MERAPI-Zaini Arrosyid
Wakil Bupati Temanggung menyerahkan SPT pada Kepala KPP Pratama Temanggung

TEMANGGUNG (MERAPI) – Penerimaan pajak KPP Pratama Temanggung pada 2018 mencapai 99,97 persen dengan nominal sekitar Rp 794 miliar, sedangkan pertumbuhan pajak mencapai 24 persen, yang merupakan capaian diatas rata-rata di wilayah kerja Jateng.

” Penerimaan pajak terus bertambah dari 74 persen di tahun 2016 menjadi 94 persen di tahun 2017. Capaian pada 2018 kurang Rp 1,5 miliar,” kata
Kepala KPP Pratama Temanggung Ananta Priyo Handoko, Selasa (12/3).

Dia menyampaikan itu pada acara Tax Gathering dan pekan panutan penyampaian surat pemberitahuan Tahunan (SPT) tahun 2019. Bupati dan wakil bupati sendiri menyampaikan SPT tahunannya.

Dikatakan capaian e-filling KPP Pratama Temanggung per 11 Maret 2019 adalah 39,59 persen dari target 84 di tahun 2019. Maka itu pihaknya menghimbau agar masyarakat tergerak untuk melaporkan SPT Tahunan melalui e-filling lebih awal, tanpa harus menunggu sampai akhir masa pelaporan .

” KPP Pratama pada 2019 ini, mendapat prestasi yang pertama di wilayah Jawa Tengah,” katanya, sembari menyampaikan diharapkan dengan pimpinan sudah menyampaikan SPT warga bisa mengikutinya.

Pada kesempatan yang sama Kepala KPP Pratama juga melakukan pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBK). Dengan pencanangan ini, diharapkan KPP Pratama Temanggung dapat mewujudkan prlayanan yang bebas dari korupsi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Wakil Bupati Temanggung Herri Ibnu Wibowo mengatakan diharapkan menjadi motivasi warga wajib pajak untuk membayar pajak, karena pajak adalah salah satu sumber pembiayaan dalam pembangunan.

” Adalah menjadi kewajiban tiap warga untuk membayar pajak, kami ucapkan terimakasih pada warga yang telah membayar pajak,” katanya.

Dia menyampaikan pada APBD Kabupaten Temanggung peran pajak daerah sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah masih kecil yakni sekitar 0,22 persen, sehingga pihaknya terus berupaya untuk meningkatkannya.

Dikatakan pada pengusaha dan wajib pajak untuk tertib dalam membayar pajak dan yang belum terkena pajak untuk tertib administrasi. ” Kami berharap usaha warga bisa berkembang pesat dan meningkat sehingga dapat membayar pajak,” katanya. (Osy)

Read previous post:
MERAPI-ISTIMEWA Kanit Laka Polres Bantul Ipda Maryono mengevakuasi motor yang terlibat tabrakan dan terbakar hebat.
Tabrakan, Dua Motor Ludes Terbakar

BANTUL (MERAPI)- Dua sepedamotor, yakni Honda Vario AB-5623-JK dan Honda Revo AB-2260-RN ludes dilalap api usai terlibat kecelakaan di Jalan

Close