ATR/BPN Temanggung Target Selesaikan 60 Ribu Bidang Tanah

MERAPI-Zaini Arrosyid Kepala ATR/BPN Temanggung serahkan sertifikat pada warga.
MERAPI-Zaini Arrosyid
Kepala ATR/BPN Temanggung serahkan sertifikat pada warga.

TEMANGGUNG (MERAPI) – Kantor Agraria Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Temanggung mentarget dapat menyelesaikan pengukuran dan pembuatan sertifikat untuk 60 ribu bidang tanah di daerah tersebut, sampai 9 September 2019.

“Pembuatan sertifikat itu dalam Program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dan di Temanggung di breakdown di 34 desa, ” kata Kapala ATR/BPN Temanggung Bintarwan Widhiaksa, Senin (28/1).

Dia menyamaikan itu disela-sela penyerahan 563 sertifikat tanah pada warga Desa Candisari Kecamatan Tlogomulyo Kabupaten Temanggung. Sertifikat itu adalah sisa dari sertifikat yang belum diserahkan pada 2018.

Dia mengatakan untuk mencapai target, akan digencarkan sosialisasi pada warga akan program PTSL. Masyarakat diharapkan aktif dan partisipatif untuk sertifikasi tanahnya, yang diantaranya memasang patok pada batas tanah.

Dia berharap masyarakat mampu bergerak sendiri untuk mematok tanahnya secara masal sehingga pihaknya kebawah tinggal mengukur. Mematok juga sudah di musyawarahkan dengan pemilik tanah yang bersebelahan, sehingga tidak ada sengketa. ” Nanti petugas tinggal mengukur, waktu petugas tidak terbuang menunggu patok dipasang, ” katanya.

Dia mengatakan pada PTSL masyarakat bertanggung jawab pada persiapan pengukuran, sedangkan untuk proses pembuatan sertifikasi menjadi tanggungjawab dan tufas pihaknya. Pemerintah telah menanggung pembuatan itu.
Dikatakan pada 2018 lalu, ATR/BPN Temanggung berhasil menyelesaikan sertifikat untuk 40127 bidang tanah, dan sampai akhir tahun sertifikat yang sudah diserahkan pada warga sebanyak 31893 bidang tanah. Sisanya dibagikan pada Januari 2019 sambil gelar sosialisasi sertifikat tanah.

Pada warga yang akan ikut program PTSL, katanya, harus lengkap syarat fisik dan yuridis. Syarat fisik terutama sudah ada patok yang sudah disetujui pemilik tanah yang bersebalahan, sedangkan syarat yuridis terkait tentang surat menyurat dari obyek tanah yang ada, seperti seperti STTP dan akte jual beli. (Osy)

Read previous post:
HUJAN DERAS DI GUNUNGKIDUL – Longsor dan 1 Rumah Hancur Tertimpa Pohon

WONOSARI (MERAPI) – Hujan dengan durasi cukup lama yang mengguyur wilayah Kecamatan Semin, Gunungkidul menyebabkan tebing kawasan permukiman Dusun Parangan

Close