KPU Magelang dan Temanggung Sosialisasi Pemilu 2019

TEMANGGUNG (MERAPI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang dan Temanggung gencarkan sosialisasi terkait Pemilu 2019 berbasis keluarga, pemilih pemula dan disabilitas. Sosialisasi tersebut untuk meningkatkan partisipasi dan menyukseskan Pemilu 2019.

“Kami gencarkan sosialisai, sosialisasi ini ditingkat Daerah Pemilihan,” kata Ketua KPU Kabupaten Magelang Afifudin, Kamis (8/11).

Dia mengatakan tingkat partisipasi warga ke TPS dari tahun ke tahun semakin meningkat. Pada pemilihan lalu tingkat partisipasi 79,35 persen, jauh lebih tinggi dibanding 2013 yang hanya 71,15 persen. Dengan partisipasi itu, Kabupaten Magelang berada diperingkat empat, dibawah Kabupaten Temanggung, Kota Salatiga dan Rembang.

” Kami gencarkan sosialisasi kepemiluan, agar warga semakin sadar untuk menggunakan haknya pada pemilu mendatang,” katanya.

Komisioner KPU Kabupaten Temanggung Henry Sofyan Rois mengatakan sosialisasi pendidikan pemilih (sosdaklih) berbasis keluarga merupakan upaya yang dilakukan secara terencana, sadar, partisipatif, kontekstual dan berkesinambungan dengan sasaran keluarga.

” Kegiatan ini untuk membentuk keluarga sadar pemilu (KSP), yaitu sebuah keluarga, di mana anggota-anggotanya memiliki pengetahuan, kesadaran dan keterampilan yang mumpuni tentang pemilu,” katanya.

Disampaikan tujuan sosdiklih berbasis keluarga agar mengetahui hak dan kewajibannnya dalam pemilu, turut serta mendorong terwujudnya pemilu damai, demokratis dan berintegritas. Selain itu agar berpartisipasi aktif pada semua tahapan pemilu, keluarga sebagai “clearing house” terhadap informasi yang hoaks atau bersifat bohong, dan tumbuh serta membudayanya tradisi musyawarah dan mufakat dalam keluarga.

Dikatakan materi sosdaklih, yakni pentingnya pemilu dan menggunakan hak pilih, mengenal Pemilu 2019 dan tahapannya, jumlah dan jenis surat suara, gerakan melindungi hak pilih, menghindari politik uang, sara dan hoaks, dan pemilih berdaulat. (Osy)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Toko Dibobol, Belasan Laptop Raib

SEMARANG (MERAPI)- Sebuah toko ekektronik di komplek Perumahan Semarang Indah, Semarang, Kamis(8/11) pagi diketahui dibobol maling. Pelaku diperkirakan lebih dari

Close