Banyak Keutamaan Dimakamkan di Baqi’

MADINAH (HARIAN MERAPI) – Jemaah haji dari seluruh dunia saat berada di Kota Madinah Saudi Arabia tidak akan pernah melepaskan kesempatan untuk menziarahi sejumlah tempat suci di kota tempat Rasulullah SAW dimakamkan tersebut. Menariknya, tempat-tempat tersebut memiliki kaitan langsung dengan Rasulullah Muhammad SAW semasa beliau hidup. Bahkan tempat-tempat itu juga menjadi saksi perjuangan Rasulullah SAW menegakkan Islam dan sejarah perjalanan Islam.

Salah satu tempat yang layak diziarahi yakni Makam Baqi atau Jannatul Baqi yang juga tidak jarang disebut Taman Surga maupun Baqi Al Gharqad. Selain tentu yang utama menziarahi makam Rasulullah SAW di dalam Masjid Nabawi. Merupakan pemakaman utama yang letaknya berseberangan dengan Masjid Nabawi. Di makam tersebut terdapat banyak keluarga serta sahabat Nabi Muhammad SAW yang dikuburkan. Riwayatnya, Makam Baqi juga menjadi tempat yang disenangi Rasulullah SAW.

Pekuburan Baqi’ ini berada di bagian timur Masjid Nabawi dengan luas 174.962 meter persegi. Pada musim haji, Makam Baqi’ selalu disesaki pengunjung. Hanya saja untuk jemaah perempuan hanya dibolehkan di luar saja. Ada tempat khusus untuk berziarah.

Areal pemakaman ini menyimpan jasad sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW. Seperti As’ad bin Zararah, Utsman bin Mazoun, Abdurrahman bin Auf dan Sa’ad bin Abi Waqqas. Sedangkan dari keluarga Rasulullah SAW di antaranya Aisyah, Fatimah az-Zahra, Ruqayyah, Zainab dan Ummi Kultsum.

Diriwayatkan, banyak keutamaan ketika seseorang dimakamkan di Baqi’. Pasalnya makam tersebut memiliki kedudukan dari sisi agama dan sejarah. Generasi pertama umat Islam, ahlul bait dan sahabat Rasulullah dimakamkan di pekuburan yang bertetangga dengan Masjid Nabawi. Ada sekitar 10.000 sahabat yang dimakamkan di makam tersebut. (Feb)

Read previous post:
Tabur Bunga Peringati HUT Korem 072/Pamungkas

PRAJURIT Korem 072/Pamungkas beserta Kodim, Kikavser dan Yonif 403/WP, Jumat (30/8) menggelar ziarah dan tabur bunga dalam rangka menyambut HUT

Close