Petugas Haji Daker Madinah dan Bandara Diberangkatkan

MERAPI-FEBRIYANTO/MCH2019 Petugas haji PPIH Arab Saudi 2019 di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten.
MERAPI-FEBRIYANTO/MCH2019
Petugas haji PPIH Arab Saudi 2019 di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng Tangerang Banten.

JAKARTA (MERAPI) – Sebanyak 63 persen jemaah haji Indonesia yang masuk kategori usia lanjut menjadi tantangan tersendiri bagi petugas haji. Sebab itulah koordinasi dari tiap unsur, baik Kemenag, Kemenkes dan institusi terkait lainnya sangat penting dibutuhkan untuk kelancaran.

“Dengan koordinasi dan saling mendukung antara petugas dari berbagai unsur akan sangat membantu kerja petugas haji lebih optimal,” ucap Direktur Bina Haji Kemenag RI H Khoirizi H Dasir saat apel pelepasan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2019 Daker Madinah dan Bandara di Halaman Gedung SG1 Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Kamis (4/7).

Selain itu Khoirizi juga terus menekankan mengenai tugas dan fungsi petugas haji untuk memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan. kehadiran petugas haji di tengah jemaah akan sangat memberi arti.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI Eka Jusup Singka mengajak petugas haji dari berbagai unsur untuk saling berkontribusi. Jangan lagi hanya mengatasnamakan institusi, tapi benar-benar menjadi satu kesatuan petugas haji Indonesia.

Kepala Daker Madinah yang juga Kasubdit Bina Petugas Haji Kemenag RI Akhmad Jauhari mengatakan mengingat waktu yang terbatas, petugas haji harus memanfaatkan sebaik mungkin. Jangan sampai ada yang lepas dari agenda karena akan mengaggu rencana kerja.

“Sebab pada Sabtu (6/7) pukul 10.00 waktu Saudi Arabia, sudah akan datang jemaah haji kloter pertama dari Surabaya. Sebab itu persiapkan diri dan taati tiap rencana agar semua berjalan lancar,” tukasnya.

Gelombang pertama keberangkatan petugas haji PPIH Arab Saudi 2019 Daker Madinah dan Bandara diikuti 78 petugas yang diterbangkan melalui Bandara Soekarno Hatta menggunakan Garuda Indonesia GA 930 pukul 11.30 WIB menuju Jeddah Arab Saudi. Sementara untuk gelombang kedua diterbangkan melalui tempat yang sama pukul 16.00 WIB.

Untuk total petugas Daker Bandara dan Madinah sendiri sebanyak 446 orang dengan rincian 307 petugas dari Kemenag RI ditambah petugas kesehatan sebanyak 139 orang. Petugas ini nantinya akan bertugas di Kantor Urusan Haji dan Daker Bandara serta Daker Madinah. Menurutnya, keberangkatan petugas ini guna memberikan pelayanan jemaah haji yang akan mulai diberangkatkan pada 6 Juli nanti.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI Muhajirin Yanis mengatakan, jemaah haji Indonesia 1440H/2019M akan mulai diberangkatkan pada 6 Juli 2019. Untuk jemaah haji kloter awal akan mulai masuk asrama haji pada Jumat (5/7) sesuai Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1440H/2019M dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kemenag RI.

Sebanyak 1.800 jemaah akan diterbangkan pada awal gelombang I, yakni Sabtu (6/7). Jumlah tersebut terbagi dalam empat kloter. “Dua kloter berasal dari Embarkasi Surabaya (SUB) dan dua kloter lainnya dari Embarkasi Batam (BTH),” ujar Yanis.

Ditambahkan, semua jemaah kloter pertama akan diterbangkan menggunakan maskapai Saudi Arabia Airline dengan masing-masing kloter mengangkut 450 orang. Rencananya,

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dijadwalkan melepas jemaah haji asal Embarkasi Surabaya, yang merupakan kloter pertama dari Indonesia. (Feb)

Read previous post:
All New Ertiga dan New Carry Pick Up Lampaui Target Penjualanan di Jakarta Fair 2019

JAKARTA (HARIAN MERAPI)- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mendapat sambutan positif dari pengunjung Jakarta Fair Kemayoran 2019 yang berlangsung pada

Close