Para orang tua, ayo tingkatkan minat baca anak-anak lewat buku cerita bergambar

- Minggu, 13 November 2022 | 22:15 WIB
Pencerita (storyteller) membacakan buku cerita kepada anak-anak dalam peluncuran serial buku “Becoming a Changemaker” dalam helatan Indonesia International Book Fair di Jakarta Convention Center, Minggu (13/11/2022).  (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)
Pencerita (storyteller) membacakan buku cerita kepada anak-anak dalam peluncuran serial buku “Becoming a Changemaker” dalam helatan Indonesia International Book Fair di Jakarta Convention Center, Minggu (13/11/2022). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

HARIAN MERAPI - Buku cerita bergambar dapat menjadi media belajar sekaligus inspirasi baru bagi anak sejak dini.

Hal itu dikatakan Direktur Ashoka Asia Tenggara Nani Zulminarni dalam peluncuran serial buku “Becoming a Changemaker” di Jakarta, Minggu (13/11/2022).

“Membaca sejak dini amat penting bagi kecintaan anak terhadap pengetahuan dan literasi, serta membuka wawasan akan perubahan,” kata Nani.

Baca Juga: Ramalan bintang zodiak Sagitarius sepekan mulai Minggu 13 November 2022, harus diam untuk menjaga kedamaian

Selain itu, Nani mengatakan orang tua maupun guru perlu untuk membuka realitas dunia yang penuh masalah kepada anak-anak, sambil mengajak mereka untuk tidak takut, bahkan mampu menciptakan perubahan yang berguna bagi komunitasnya.

“Kami berharap bisa mengajak anak-anak untuk mengerti bahwa ada banyak pembaharu di Indonesia yang melakukan perubahan positif, dan memberikan keyakinan bahwa mereka pun bisa menjadi pembaharu di lingkungannya nanti,” papar Nani.

Sependapat, Program Manager Provisi Mandiri Pratama, Sabrina, mengatakan pendidik yaitu orang tua dan guru memiliki peran untuk mengenalkan minat baca serta menginspirasi anak-anak dengan kegiatan positif.

Baca Juga: Buruh minta kenaikan UMK 13 persen, Dinas Tenaga Kerja Karanganyar pastikan akomodir dua pihak

Hal tersebut senada dengan studi dari Organization of Economic Cooperation (OECD) yang menyatakan, perubahan yang cepat mengharuskan orang tua untuk menyiapkan anak-anak yang mampu menghadapi perubahan, memecahkan masalah, dan memanfaatkan teknologi.

“Guru dan orang tua bisa mengenalkan ini kepada anak-anak. Minat baca sendiri bertumbuh dengan perkenalan dari orang tua. Harapannya melalui bacaan dengan ilustrasi menarik, dapat menginspirasi dan menggerakan mereka untuk menjadi pembawa perubahan di masa depan,” ujar Sabrina.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X