• Sabtu, 26 November 2022

Begini cara merawat orang dengan demensia, ingatkan jadwal minum obat

- Senin, 3 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Ilustrasi ( Pixabay)
Ilustrasi ( Pixabay)


HARIAN MERAPI - Orang dengan demensia (ODD) butuh perawatan khusus setiap hari.
Mereka butuh penanganan dan perhatian khusus dari orang sekitar, mulai dari mandi, makan, berpakaian dan aktivitas sehari-hari lainnya.


Perawat di RSUI Ns. Hesti Rahayu, S.Kep, M.Kep, Sp.Kep.M.B mencontohkan perawatan yang dapat dilakukan pada orang dengan demensia (ODD) setiap hari melalui jadwal Activity Daily Living (ADL).

Dia, melalui keterangan tertulis RSUI, Minggu (2/10) mengatakan jadwal ini meliputi aktivitas seperti mandi, berpakaian, makan pada yang sebaiknya dilakukan pada waktu yang sama. Selain itu, memberikan bantuan pada ODD untuk menulis hal-hal yang ingin dilakukan pada kegiatannya.

Baca Juga: Ini penting buat penderita diabetes, dokter: modifikasi gaya hidup

Selain itu, rencanakan aktivitas yang disukai ODD dan lakukan pada waktu yang sama setiap harinya serta mempertimbangkan sistem pengingat yang membantu mengingatkan jadwal minum obat.

 

Menurut Hesti, jika ODD mengalami penurunan fungsional dan kesulitan melakukan aktivitasnya, maka para caregiver dapat membantu mereka dengan tetap menyertakan pasien semaksimal mungkin.

"Hal ini bertujuan untuk membantu melatih kembali fungsionalnya. Selain itu, bersikaplah lembut, menghargai dan menyajikan makanan secara konsisten," kata dia.

Baca Juga: Jaring aspirasi masyarakat, anggota DPRD Bantul Rony Wijaya prioritaskan pembangunan fisik, perbaikan ekonomi

Lebih lanjut, terdapat hal yang bisa dilakukan untuk perawatan pada perubahan komunikasi dan perilaku ODD yaitu dengan memahami suasana hati ODD, mempertahankan benda atau foto yang disayangi dan mengingatkan kembali siapa kita dengan memberikan informasi.

Halaman:

Editor: Hudono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X