• Kamis, 8 Desember 2022

Nathanael L Kriskiyo Emisaki dan Christinawati juara Lomba Jemparingan Mataraman Piala Ekalaya

- Minggu, 31 Juli 2022 | 13:59 WIB
Para juara Lomba Jemparingan Mataraman Piala Ekalaya  (Dinas Pariwisata DIY)
Para juara Lomba Jemparingan Mataraman Piala Ekalaya (Dinas Pariwisata DIY)

HARIAN MERAPI - Nathanael L Kriskiyo Emisaki Budiharjo dan Christinawati tmpil sebgai juara lomba Jemparingan Mataraman Piala Ekalaya di Alun Alun Kidul Yogyakarta.

Sebanyak 122 penjemparing (pemanah) dari anak-anak, dewasa putra maupun putri mengenakan baju daerah tampak duduk bersila untuk membidik target.

Mereka secara bergantian mengikuti ajang lomba Jemparingan Mataraman gaya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat pada Sabtu (30/7/2022) di Alun-alun Kidul.

Baca Juga: Kehebatan pedang dari zaman Nabi Muhammad SAW, terbukti dalam Perang Badar dan Uhud

Peserta datang dari berbagai daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Selain Dinas Pariwisata DIY, acara tersebut terselenggara didukung oleh Paguyuban Gendewo Mataram dan beberapa komunitas jemparingan.

Terlihat pada kategori dewasa putra maupun putri menggunakan 20 rambahan berjarak 32 meter, dan kategori anak-anak putra maupun putri menggunakan 10 rambahan dengan jarak 15 meter.

Lomba Jemparingan Mataraman gaya Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dihadiri Paniradya Pati Kaistimewan, Kepala Bapeda DIY, Kepala Dinas Pariwisata DIY dan Kabupaten, Ketua paguyuban Jemparingan Kraton Gendewo Mataram, Forkompinca Kemantren Kraton, dan Ketua Panahan Tradisional Indonesia.

Baca Juga: ACT diduga alirkan dana ke kelompok terorisme, Ketum PP Pemuda Muhammadiyah : Harus dibekukan

Acara dimulai dengan penyerahan trophy dari Bregodo Winoto Manggolo kepada Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo S.H., M.Ed yang kemudian diteruskan kepada Tukiman selaku ketua panitia. Pada kesempatan tersebut dilakukan pemukulan bende oleh KRT.Jatiningrat, S.H selaku perwakilan Kraton, dilanjutkan dengan percobaan jemparingan sebagai tanda dimulainya perlombaan.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X