• Minggu, 2 Oktober 2022

MAFINDO gelar kompetisi konten social media

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 16:01 WIB
Para pemenang kompetisi (Istimewa)
Para pemenang kompetisi (Istimewa)

JOGJA, harianmerapi.com - Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) bersama The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dan didukung Oleh European Union (Uni Eropa) telah melakukan kerja sama dalam mengembangkan dua pelatihan.

Dua pelatihan tersebut, yakni “Pelatihan Kampanye Perdamaian di Kanal Digital / Media Sosial bagi Komunitas atau Civil Society Organization (CSO)” dan “Pelatihan Edukasi Literasi Media dan Informasi (Media and Information/MIL)” untuk kalangan anak muda yang telah dilakukan sejak 7 April 2022.

Puncak acara kegiatan adalah dengan diadakannya Final dan Selebrasi Kompetisi Konten Social Media 4 Peace dan Periksa Fakta dengan Tema Perdamaian, yang diadakan secara daring di kanal youtube MAFINDO pada Hari Kamis 14 Juli 2022.

Baca Juga: Disdikbud Sukoharjo Ingatkan KBM Sekolah Tetap Patuhi Prokes

Dengan adanya kerjasama ini, MAFINDO bersama mitra berharap kedua kegiatan ini dapat menjawab sebagian permasalahan yang dialami komunitas/CSO terkait dengan pengelolaan media sosial dan situs yang dimiliki.

Selain itu juga menjawab permasalahan anak muda dalam menavigasi informasi yang ada pada internet, media online, ataupun media sosial, utamanya dalam menghadapi ujaran kebencian, hoaks dan polarisasi yang mengancam persatuan dan perdamaian, terutama pada masa menjelang Pemilihan Umum 2024 ke depan.

Tidak sampai disitu saja, sebagai tindak lanjut dari kedua kegiatan pelatihan tersebut, MAFINDO menyelenggarakan kegiatan Kompetisi #SocialMedia4Peace yang terbagi dalam dua kategori, yaitu Kompetisi Konten #SocialMedia4Peace dan Kompetisi Periksa Fakta dengan Tema Perdamaian.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Sabtu (16/7/2022), disebutkan bahwa kedua kompetisi ini telah diikuti oleh 97 peserta dari seluruh Indonesia, baik umum maupun yang telah engikuti pelatihan bersama MAFINDO dan UNESCO.

Baca Juga: Babad Tanah Jawi legenda jazad Untung Surapati wangi 4: Sayembara mencari makam Untung Surapati

Adapun asal daerah peserta lomba sungguh luas dan menggembirakan karena berasa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia yang nyaris merata, yaitu : Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, Sulwesi Tenggara, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Banten, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Lampung, Hingga Papua.

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Samsung Galaxy A33 5G, ponsel yang kaya fitur 'gaming'

Selasa, 6 September 2022 | 21:40 WIB

New Xpander Cross dibekali sederet fitur baru

Kamis, 1 September 2022 | 08:50 WIB

Stargazer dominasi penjualan Hyundai di GIIAS 2022

Rabu, 24 Agustus 2022 | 09:15 WIB
X