• Rabu, 5 Oktober 2022

NASA Pamerkan Keindahan Semesta Raya Hasil Tangkapan Teleskop Webb

- Kamis, 14 Juli 2022 | 12:00 WIB
Dua gambar penuh warna dari Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, alat revolusioner yang dirancang untuk mengintip melalui kosmos hingga fajar alam semesta, menunjukkan komposit yang dibuat dari gambar di Mid-Infrared (L) dan Near-Infrared (R) dan dirilis Juli 12, 2022.  (via REUTERS/NASA)
Dua gambar penuh warna dari Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA, alat revolusioner yang dirancang untuk mengintip melalui kosmos hingga fajar alam semesta, menunjukkan komposit yang dibuat dari gambar di Mid-Infrared (L) dan Near-Infrared (R) dan dirilis Juli 12, 2022. (via REUTERS/NASA)

JAKARTA, harianmerapi.com - Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) memamerkan gambar hasil tangkapan teleskop angkasa James Webb yang sungguh memukau lantaran menonjolkan keindahan semesta raya.

Teleskop yang diluncurkan tepat di momen natal 2021 itu memberikan pandangan baru mengenai alam semesta dan diharapkan bisa memberi gambaran penelitian antariksa di masa depan.

Reuters menyiarkan pada Kamis (14/7/2022), seperti dilansir dari Antara, ada lima gambar yang dipamerkan dan menunjukkan beragam fenomena kosmos yang paling berwarna serta hidup sepanjang sejarah.

Baca Juga: Asteroid Sebesar Burj Khalifa Menuju Bumi, Begini Analisa NASA

Misalnya seperti gambaran dua nebula yang tengah membentuk calon bintang baru serta dua set gugus galaksi.

NASA juga disiapkan menyajikan analisis spektrografis pertama dari Teleskop Webb terkait sebuah planet yang diperkirakan memiliki setengah massa Jupiter dan terletak lebih dari 1.100 tahun cahaya.

Dari fenomena- fenomena kosmos yang dipamerkan NASA itu, ada fenomena yang telah awam bagi para ilmuwan seperti kelompok galaksi berjarak 290 juta tahun cahaya bernama "Stephan's Quintet".

Baca Juga: Puncak Hujan Meteor Perseid Bisa Disaksikan Dengan Mata Telanjang, 12-13 Agustus 2021 Mendatang

Kelompok galaksi itu telah ditemukan sejak 1877, namun NASA menjanjikan gambaran serta tangkapan dari Teleskop Webb memberikan pandangan baru bagi para peneliti.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Samsung Galaxy A33 5G, ponsel yang kaya fitur 'gaming'

Selasa, 6 September 2022 | 21:40 WIB

New Xpander Cross dibekali sederet fitur baru

Kamis, 1 September 2022 | 08:50 WIB

Stargazer dominasi penjualan Hyundai di GIIAS 2022

Rabu, 24 Agustus 2022 | 09:15 WIB
X