• Rabu, 5 Oktober 2022

Berbahan Plastik PET, Galon Bekas Pemanfaatannya Cukup Beragam dan Mudah Didaur Ulang

- Jumat, 8 Juli 2022 | 10:00 WIB
Galon bekas berbahan plastik PET dapat digunakan untuk memelihara ikan dan menempatkan pot tanaman. ( Foto: Sulistyanto)
Galon bekas berbahan plastik PET dapat digunakan untuk memelihara ikan dan menempatkan pot tanaman. ( Foto: Sulistyanto)


JOGJA, harianmerapi.com – Galon sebagai tempat air mineral ada beragam jenis bentuknya. Sebagian galon ada yang terbuat dari bahan plastik Polyethylene Terephthalate (PET), sehingga mudah didaur ulang.

Selain mudah didaur ulang, masih ada pula kelebihan penting lain yang bisa memberi manfaat tersendiri seperti digunakan untuk memelihara ikan maupun sebagai pot tanaman hias/sayuran.

Seperti halnya yang diterapkan oleh Indarto yang tinggal di Seyegan Sleman, ia memanfaatkan galon bekas berbahan plastik PET untuk memelihara ikan, lalu bagian atasnya dapat diberi pot tanaman hias.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Difteri, Ini Gejala dan Pencegahannya

“Selain tanaman hias, sebenarnya bisa pula beberapa jenis tanaman sayur seperti selada dan kangkung,” ungkap Indarto, baru-baru ini.

Sedangkan beberapa jenis ikan yang sudah dicoba untuk dipelihara di galon bekas, misalnya cupang, sepat dan sidat. Selain mudah perawatannya, tak perlu sejumlah aksesoris pendukung seperti filter dan erator.

Agar air tak mudah kotor, ia berusaha memberi pakan alami, misalnya cacing, beberapa jenis ulat daun serta jangkrik. Pasalnya, jika diberi pakan wujud pelet akan menjadikan air lekas kotor.

Baca Juga: Harga Bawang Merah di Solo Tembus Rp 70.000 Per Kilogram

“Agar tak mudah berlumut, sebaiknya juga dalam penempatan galon berisi air dan ikan tak kena sinar matahari langsung,” tandasnya.

Ia sendiri biasa mengganti air dalam galon bekas tersebut rata-rata setiap dua minggu sekali, bahkan tak harus semua diganti, misalnya cukup tiga perempat air.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Samsung Galaxy A33 5G, ponsel yang kaya fitur 'gaming'

Selasa, 6 September 2022 | 21:40 WIB

New Xpander Cross dibekali sederet fitur baru

Kamis, 1 September 2022 | 08:50 WIB

Stargazer dominasi penjualan Hyundai di GIIAS 2022

Rabu, 24 Agustus 2022 | 09:15 WIB
X