• Selasa, 9 Agustus 2022

Tour Leader Harus Utamakan Keselamatan Wisatawan

- Senin, 27 Juni 2022 | 18:06 WIB
Tangkapan virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing Jakarta, Senin (27/6/2022).  (ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas)
Tangkapan virtual Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing Jakarta, Senin (27/6/2022). (ANTARA/M. Baqir Idrus Alatas)

JAKARTA, harianmerapi.com - Para pemimpin tur (tour leader) harus mengutamakan aspek protokol kesehatan yang sangat disiplin dalam menentukan bus pariwisata dan memastikan pengemudi 100 persen fit memandu perjalanan wisata.

“Ini tugas utama dari tour leader. Saya intruksikan langsung hari ini,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno, di Jakarta, Senin (27/6/2022)

Dia juga menginstruksikan para wisatawan untuk memilih bus perjalanan wisata yang resmi terdaftar.

Baca Juga: Iko Uwais Tidak Penuhi Panggilan, Polda Mentro Jaya : Bisa Dilakukan Penjemputan

Instruksi tersebut disampaikan sebagai bentuk peringatan agar tidak terjadi kecelakaan bus pariwisata sebagaimana yang terjadi di Bali dan di Tasikmalaya, Jawa Barat, hingga menimbulkan korban jiwa dan luka-luka.

“Berdasarkan penelitian, kecelakaan bus pariwisata (yang terjadi di Bali dan Tasikmalaya) merupakan kombinasi dari kelalaian supir bus atau human error karena mungkin kurang istirahat dan lelah, serta kondisi kendaraan yang tidak layak jalan,” ucap dia

Kata Sandiaga, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan kasus kecelakaan bus pariwisata disebabkan banyak perusahaan moda transportasi tersebut tidak terdaftar secara resmi.

Baca Juga: Seorang Kakek Melakukan Pencabulan Terhadap Anak Tetangga Diamankan Polresta Yogyakarta

Karena itu, pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk menerapkan standar bus pariwisata dengan melakukan uji kelayakan bus dan melaksanakan pelatihan guna meningkatkan sumber daya manusia maupun kesiapan para pelaku wisata.

“Saya harapkan ini penting untuk kita terapkan. Pastikan bahwa keselamatan para penumpang dan pengemudi merupakan utama," katanya.*

Halaman:

Editor: Widyo Suprayogi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pulau Kangean yang tidak pernah membosankan

Minggu, 17 Juli 2022 | 14:15 WIB

Tour Leader Harus Utamakan Keselamatan Wisatawan

Senin, 27 Juni 2022 | 18:06 WIB
X