• Kamis, 19 Mei 2022

Nasi Tumpeng Kerucut Ukuran Mini Dapat Dijadikan Sebagai Pengganti Nasi Kucing

- Jumat, 13 Mei 2022 | 10:30 WIB
Nasi tumpeng kerucut mini dan teh poci ala Angkringan Griyokulo.  (Foto: Sulistyanto)
Nasi tumpeng kerucut mini dan teh poci ala Angkringan Griyokulo. (Foto: Sulistyanto)

SLEMAN, harianmerapi.com – Nasi kucing dikenal sebagai salah satu masakan khas di angkringan. Meski demikian, boleh-boleh saja pemilik angkringan mengganti nasi kucing dengan nasi tumpeng ukuran mini.

Salah satunya, yakni dapat ditemukan di Angkringan Griyokulo kawasan Ambarketawang Sleman. Ketika diinfokan secara getok tular maupun lewat media sosial, ternyata tak sedikit konsumen merasa penasaran lalu datang ke Angkringan Griyokulo untuk membeli nasi tumpeng kerucut ukuran mini.

“Nasi tumpeng kerucut ukuran mini sebagai pengganti nasi kucing di tempat kami hanya ada dua pilihan, oseng tempe dan sambal teri. Semua kami taruh di gerobak angkringan, pembeli bebas memilih, termasuk memilih lauk-pauk pendamping maupun makanan ringan,” ungkap pemilik Angkringan Griyokulo, H Musbandi, baru-baru ini.

Baca Juga: Hepatitis Akut Misterius Sudah Ada di Jakarta, Prof Zubairi Djoerban: Tak Perlu Panik Tapi Jangan Anggap Remeh

Suami dari Hj Suharsini tersebut menjelaskan, susunan satu porsi nasi tumpeng kerucut, yaitu paling bawah nasi lalu dibatasi potongan daun pisang. Selanjutnya di bagian atasnya ada oseng tempe atau sambal teri, mie goreng dan paling atas telur orak-arik.

Nasi tumpeng kerucut lalu dibungkus dengan plastik bening. Agar nasi terasa enak dan sehat, pihaknya memilih menggunakan beras organik. Selain itu tak menggunakan MSG dalam memasak dan garamnya memilih garam rendah natrium.

Sedangkan jenis lauk dan makanan ringan yang ditempatkan di gerobak angkringan dan pembeli bebas memilih, antara lain ada aneka sate seperti ayam, telur puyuh, bakso ikan serta bakso udang. Jenis gorengannya antara lain pisang goreng, bakwan udang, mendoan dan tahu isi.

Baca Juga: PMK Merebak, DPR Minta Pemerintah Beri Perhatian Khusus Peternak Rakyat

“Konsumen melakukan pembayaran langsung ke kasir setelah pengambilan makanan dan pemesanan minuman,” terang Bandi.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mi Hot Plate, Lezat Disantap Saat Masih Panas

Senin, 16 Mei 2022 | 20:56 WIB

Manfaat Yogurt untuk Tubuh Saat Berpuasa

Kamis, 28 April 2022 | 17:15 WIB
X