• Senin, 27 Juni 2022

Kadal Gurun Bisa Diolah Jadi Makanan Halal, Jogja Exotarium di Sleman Sudah Mengoleksi

- Rabu, 4 Mei 2022 | 11:15 WIB
Kadal gurun sudah dikoleksi di Mini Zoo Jogja Exotarium dan pengunjung senang berfoto ria dengan satwa tersebut. ( Foto: Sulistyanto)
Kadal gurun sudah dikoleksi di Mini Zoo Jogja Exotarium dan pengunjung senang berfoto ria dengan satwa tersebut. ( Foto: Sulistyanto)



SLEMAN, harianmerapi.com – Sebagian jenis reptil dapat dijadikan makanan dengan cita rasa enak serta halal. Salah satunya, yakni kadal gurun, sedangkan di Arab Saudi biasa disebut dhab.

Saat musim berburu kadal gurun, banyak pemuda di Arab Saudi ramai-ramai mencari reptil berkaki ini di padang pasir yang senang tinggal di lubang atau celah kecil. Ketika lubang diberi air, kadal gurun akan keluar dan bisa segera ditangkap.

Makanan yang disenangi terutama tumbuhan hijau seperti rumput dan sayur serta sejumlah serangga. Beda dengan reptil jenis biawak yang senang makan hewan seperti ikan, tikus, burung bahkan bangkai hewan.

Baca Juga: Lion Air Group Terus Berkembang, Malindo Berubah Nama Menjadi Batik Air

Sedangkan untuk melihat langsung kadal gurun yang mempunyai tampilan khas, misalnya dengan menyambangi Mini Zoo Jogja Exotarium di Sendangadi Mlati Sleman. Satwa ini ditempatkan di akuarium reptil, jenis pakan rutinnya cukup irisan sayur seperti kangkung dan sawi.

“Selain itu juga sering kami beri pakan wujud serangga terutam jenis jangkrik. Dalam sehari kisaran tiga atau empat ekor jangkrik,” ungkap salah satu keeper satwa di Mini Zoo Jogja Exotarium, Rosaria Odilia, baru-baru ini.

Ketika ada pengunjung ingin berfoto-ria dengan kadal gurun, lanjut Rosa, satwa berasal dari Mesir yang sudah jinak tersebut dapat diambil dari akuarium reptil. Sedangkan di sebelahnya, ada akuarium reptil untuk menempatkan katak pacman yang berasal dari Amerika Latin.

Baca Juga: 228 Kasus Hepatitis Misterius pada Anak di 20 Negara, Ini Penyebab Utamanya

Jenis katak ini mempunyai warna kulit lebih cerah atau mencolok dibanding katak umumnya. Tubuhnya cenderung membulat dan ukuran pacman betina dewasa bisa sampai seukuran telapak tangan orang dewasa atau piring kecil.

“Katak pacman baik yang warna kulit hijau maupun kuning perawatan sehari-harinya sama saja. Pakan rutinnya cukup jangkrik, antara tiga sampai enam ekor per hari,” jelas Rosa.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mi Hot Plate, Lezat Disantap Saat Masih Panas

Senin, 16 Mei 2022 | 20:56 WIB

Manfaat Yogurt untuk Tubuh Saat Berpuasa

Kamis, 28 April 2022 | 17:15 WIB
X