• Senin, 27 Juni 2022

Blewah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Bisa Dijadikan Bahan Es Buah dan Disajikan Saat Buka Puasa

- Jumat, 15 April 2022 | 10:45 WIB
Blewah dapat dijadikan bahan es buah dan disajikan untuk menu buka puasa Ramadhan.  (Foto: Sulistyanto)
Blewah dapat dijadikan bahan es buah dan disajikan untuk menu buka puasa Ramadhan. (Foto: Sulistyanto)



JOGJA, harianmerapi.com – Blewah dikenal termasuk jenis buah lokal yang memiliki tekstur dan cita rasa khas. Ketika dijadikan bahan baku membuat es buah, selain memberi rasa segar juga ada manfaat kesehatannya.

Jadi bukan hal aneh, jika blewah yang memiliki ciri khas berbentuk bulat bergelombang, bagian kulit biasa perpaduan warna hijau, kuning maupun oranye kian banyak diburu konsumen saat Ramadhan, yakni dijadikan bahan minuman untuk buka puasa Ramadhan.

Penjual makanan dan minuman buka puasa di pinggir-pinggir jalan pun biasa menyediakan minuman berbahan blewah termasuk es buah. Selain itu cara mengolahnya menjadi es buah juga tak rumit dan bisa dikreasi oleh setiap pembuatnya.

Baca Juga: 178 Warga Terdampak Bencana Alam Puting Beliung Terima Bantuan Pemkab Gunungkidul

Sejumlah literatur menyebutkan, dalam daging blewah banyak terkandung provitamin A, mineral kalium dan serat makanan. Beberapa kandungan nutrisi seperti ini antara lain dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh secara alami.

Selain itu dapat berperan mendukung kesehatan sistem pencernaan, organ penglihatan serta fungsi ginjal. Bahkan dapat membantu menghindarkan atau menjadi musuh tekanan darah tinggi.

Dalam daging buah juga terkandung monosakarida atau glukosa jenis fruktosa. Lalu kandungan airnya paling mendominasi, sehingga cocok untuk mengganti cairan tubuh agar tubuh tetap terjaga kesehatanya.

Baca Juga: Varian Omicron XE Belum Ditemukan di Indonesia, Pemerintah Tetap Memantau

Agar kandungan vitamin C bisa maksimal terserap tubuh, idealnya blewah disantap dalam keadaan segar atau tak lama setelah dikupas. Sehingga diharapkan pula bisa lebih maksimal, misalnya untuk mambantu mengatasi gangguan kesehatan pada kulit.

Alasannya, daging buah blewah kaya beberapa jenis vitamin, baik sebagai penyegar ataupun peremaja kulit. Tak ketinggalan, dalam buah blewah juga terkandung senyawa peluruh urin, penurun panas tubuh dan panas dalam.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mi Hot Plate, Lezat Disantap Saat Masih Panas

Senin, 16 Mei 2022 | 20:56 WIB

Manfaat Yogurt untuk Tubuh Saat Berpuasa

Kamis, 28 April 2022 | 17:15 WIB
X