• Senin, 27 Juni 2022

Rutin Konsumsi Olahan Ikan Ayam-ayam Bagus untuk Kesehatan Jantung, Pencernaan dan Vitalitas

- Minggu, 10 April 2022 | 10:15 WIB
Ikan ayam-ayam mempunyai sejumlah nama lain dan bagus untuk mendukung kesehatan.  (Foto: Sulistyanto)
Ikan ayam-ayam mempunyai sejumlah nama lain dan bagus untuk mendukung kesehatan. (Foto: Sulistyanto)

JOGJA, harianmerapi.com – Ikan ayam-ayam mempunyai sejumlah nama lain, misalnya ikan jebong, etong dan kambing-kambing. Sebagian penjual ikan laut biasa menyediakannya, bahkan bisa laris saat Ramadhan seerti sekarang ini.

Jenis ikan ayam-ayam ini banyak ditemukan di sepanjang kawasan Indo Pasifik seperti di Samudra Pasifik bagian Barat sampai Laut Merah. Paling senang bersembunyi di terumbu karang maupun di dasar laut yang berpasir.

Cara mengolah ikan ayam-ayam pun beragam, misalnya cukup dibuat ikan bakar lalu dijadikan menu untuk buka puasa maupun sahur. Bahkan, bisa juga dikonsumsi usai shalat Tarawih baik menggunakan nasi ataupun tanpa nasi.

Baca Juga: Semangat Melatih Merpati Kolong di Lapak Lidah Buaya, Bisa Sebagai Sarana Ngabuburit Ramadhan

Sejumlah sumber menyebutkan, meskipun cukup tinggi kandungan protein dalam ikan ayam-ayam, namun daging ikan ini mengandung kadar lemak sangat rendah sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Dengan kadar lemak yang rendah, maka bagi yang khawatir akan risiko obesitas ataupun kolesterol tidak perlu lagi merasa cemas untuk mengkonsumsi ikan laut jenis ayam-ayam atau jebong.

Selain itu kandungan protein yang tinggi, menjadikan ikan ayam-ayam dapat berperan mencukupi kebutuhan protein tubuh kita. Pasalnya, tubuh kita memerlukan protein untuk proses metabolisme agar tetap normal.

Baca Juga: Kemenpan-RB Buka 7.080 Formasi untuk Sekolah Kedinasan Tahun 2022, Simak Syarat Pendaftarannya

Selain itu kandungan protein juga baik untuk kesehatan jantung dan sistem pencernaan. Bahkan dengan rutin mengonsumsi olahan atau masakan ikan ayam-ayam ada yang meyakini bagus untuk vitalitas, meskipun belum teruji secara klinis.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mi Hot Plate, Lezat Disantap Saat Masih Panas

Senin, 16 Mei 2022 | 20:56 WIB

Manfaat Yogurt untuk Tubuh Saat Berpuasa

Kamis, 28 April 2022 | 17:15 WIB
X