• Kamis, 30 Juni 2022

Udang Jaga Bantu Tingkatkan Energi, Bisa Dijadikan Lauk Saat Sahur dan Buka Puasa di Bulan Ramadhan

- Minggu, 3 April 2022 | 06:00 WIB
Udang punya kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.  (Foto: Sulistyanto)
Udang punya kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. (Foto: Sulistyanto)

JOGJA, harianmerapi.com - Beragam bahan alami menyehatkan dapat diolah untuk dijadikan lauk-pauk saat buka puasa maupun sahur pada Bulan Ramadhan. Salah satunya, yakni lauk berbahan udang.

Beberapa jenis olahan atau masakan udang pun mudah dipraktikkan, sehingga tak perlu membeli di lokasi kuliner. Selain memiliki cita rasa serta tekstur khas, kandungan nutrisi dalam udang juga bermanfaat bagi kesehatan.

Jenis masakan udang untuk dijadikan lauk, misalnya udang goreng tepung, saus tiram, saus Padang, bumbu bakar merah, bumbu rendang dan asam manis. Ketika rutin dikonsumsi, asal tak berlebihan diharapkan mampu mendukung kesehatan tubuh secara alami.

Baca Juga: Bagikan Takjil Terapkan Drive Thru Selama Ramadhan, Wujud Nyata Pelaksanaan UMY Mengabdi

Adanya kandungan niasin dalam udang, antara lain bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit maupun mencegah kulit bersisik. Bahkan, sama halnya aneka jenis ikan, udang juga memiliki kandungan asam lemak esensial serta omega-3.

Menurut beberapa sumber, kandungan omega-3 seperti yang ada di udang akan bisa mampu membantu memberikan perlindungan kuat pada depresi serta dapat berperan menambah mood bagi yang sedang terserang depresi.

Sedangkan bagi yang merasa mudah kelelahan, antara lain termasuk tanda-tanda kurangnya kandungan zat besi di dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi olahan udang termasuk ikhtiar menghindarkan mudah lelah maupun meningkatkan energi.

Baca Juga: Petung Jawa Weton Minggu Wage 3 April 2022, Punya Sifat Kebalikan dari Umum, Penampilannya Meyakinkan

Selain karena kandungan zat besinya termasuk tinggi, kandungan niasin ataupun vitamin B3 dalam udang, akan dapat membantu pemrosesan lemak, karbohidrat dan protein menjadi energi bagi tubuh.

Halaman:

Editor: Hudono

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X