• Senin, 23 Mei 2022

Lelang Kopi Arabica Gayo Tembus Rp 2,5 Juta Perkilogram

- Jumat, 28 Januari 2022 | 21:15 WIB
Ilustrasi - Hasil biji kopi yang sudah dipanggang oleh coffee roaster dan siap untuk dijadikan kopi nikmat. (Wulan Yanuarwati  )
Ilustrasi - Hasil biji kopi yang sudah dipanggang oleh coffee roaster dan siap untuk dijadikan kopi nikmat. (Wulan Yanuarwati )

 

BANDA ACEH, harianmerapi.com - Harga kopi arabica Gayo yang berasal dari Provinsi Aceh terjual dengan harga tertinggi Rp2,5 juta perkilogram dalam lelang internasional.

Salah seorang peserta lelang Armiyadi asal Kabupaten Aceh Tengah di Takengon, Jumat mengatakan kopi Gayo dengan harga tertinggi tersebut merupakan kopi juara pertama hasil uji cita rasa pada ajang kompetisi Indonesia Cup of Excellence (CEO) 2021.

"Pada lelang tadi malam terjual dengan harga Rp2,5 juta perkilogram. Kopi tersebut dari Pantan Musara Aceh Tengah milik Dilen Ali Gogo," kata Armiyadi.

Baca Juga: Jangan Buru-buru Dibuang, Ini Manfaat Ampas Kopi untuk Kecantikan, Salah Satunya Obat Jerawat

Menurutnya kopi Gayo kategori green bean ini terjual sebanyak 210 kilogram dengan total harga jual Rp525 juta.

Pembelinya adalah sebuah perusahaan asal Jepang atas nama perusahaan Wataru Co Ltd.

Armiyadi menyebut harga jual tersebut sangat tinggi dibandingkan harga normal kopi arabica Gayo di pasaran saat ini dengan harga tertinggi Rp90.000 perkilogram untuk kategori green bean.

Baca Juga: Sejarah Kopi di Indonesia, Berkembang Berkat Tanam Paksa Pemerintah Kolonial Belanda

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X