• Jumat, 21 Januari 2022

Paper Bag Solusi Pengurangan Sampah Plastik di Indonesia

- Minggu, 5 Desember 2021 | 19:35 WIB
Pengunjung berkonsultasi dalam memilih penggunaan paper bag (Dokumentasi Grade)
Pengunjung berkonsultasi dalam memilih penggunaan paper bag (Dokumentasi Grade)

harianmerapi.com - Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) mencatat sampah plastik di Indoensia bisa mencapai 2 juta ton per tahun dan terus bertambah.

Sampah plastik butuh ratusan hingga ribuan tahun agar terurai sehingga mencemari seluruh lingkungan baik tanah, sungai, hingga lautan dan mengancam ekosistem makhluk hidup.

Sejalan dengan Peraturan Pemerintah terkait pengurangan sampah plastik sekali pakai, GRADE memberikan solusi kantong belanja sekali pakai yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Indahnya Ramadhan, Album Lagu Religi Kilau Band yang Diluncurkan untuk Menyambut Ramadhan 2022

Paper bag GRADE dipastikan mudah sekali terurai dalam waktu satu bulan sedangkan kantong plastik butuh waktu 200 hingga 1.000 tahun untuk terurai.

Manajer Div. Paper Packaging PT Maesindo Indonesia, Shodiqin mengatakan kebutuhan UMKM yang mengedepankan konsep ramah lingkungan dapat memilih produk kertas sebagai solusi kemasan dalam meningkatkan citra bisnisnya.

"UMKM bisa langsung berkonsultasi dengan Grade untuk menentukan produk serta ukuran yang tepat bagi usahanya," ujarnya, Minggu (5/12/2021) di pameran FBC Festival Solo di De Tjolomadoe, Solo.

Baca Juga: BOSA All Crack Tundukkan PS Jambu Luwuk

Dia menyebut tren penggunaan produk kertas tidak akan pernah hilang seiring dengan kampanye pemerintah dalam mengurangi penggunaan produk plastik sekali pakai.

UMKM kuliner seperti bakery dan pengusaha kuliner lainnya juga dapat melihat langsung penggunaan produk Cake Case & Doilies Paper diaplikasikan pada makanan. Selain itu juga UMKM mendapatkan paperbag ramah lingkungan untuk mengemas dan mempromosikan jualannya.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X