• Kamis, 26 Mei 2022

Liburan ke Jogja, Jangan Lewatkan Jajanan Sehat di Pasar Tradisional

- Senin, 15 November 2021 | 15:43 WIB
Jjanan Kipo (Instagram @injogjafood)
Jjanan Kipo (Instagram @injogjafood)

harianmerapi.com - Jika berlibur ke Jogja, wisatawan tidak hanya bisa mengunjungi destinasi wisata budaya. Kota ini juga menyimpan banyak destinasi wisata kuliner, baik kuliner dengan menu-menu modern maupun menu-menu tradisional.

Khusus untuk wisata kuliner tradisional, Jogja memiliki sejumlah spot legendaris. Salah satunya adalah Pasar Pathuk dan Pasar Kotagede.

Selain menjadi tempat untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat, kedua pasar ini juga memiliki berbagai suguhan kuliner tradisional yang menarik untuk dicicipi.

Baca Juga: Bus Jurusan Jogja Parangtritis Bali Padang dan Kekuatan Batin Pak Polisi pada Pengendara Tak Punya SIM

Tak hanya enak, tetapi juga sehat. Begitulah kuliner yang saat ini dicari oleh wisatawan. Apalagi, pandemi selama nyaris selama dua tahun ini membuat masyarakat lebih memperhatikan aspek kebersihan dalam setiap aktivitas, termasuk berwisata kuliner.

"Kota Jogja saat ini sudah berada di PPKM Level 2. Kami memprediksi wisatawan mulai datang ke Jogja, mayoritas dari mereka akan mencari kuliner yang bersih dan sehat," kata Kabid Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kota Jogja, Andrini Wiramawati, Jumat (12/11/2021).

Menurutnya, wisata kuliner di Kota Jogja juga perlu menerapkan ketujuh unsur Sapta Pesona. Antara lain aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

Baca Juga: Pasien Disangka Petugas Rumah Sakit dan Kakek Ditinggalkan Begitu Saja di Pinggir Jalan

Kaitannya dengan kuliner sehat, sajian yang disuguhkan kepada wisatawan tentunya harus memperhatikan ketujuh unsur tersebut agar wisatawan tertarik untuk menikmatinya.

Banyaknya sajian kuliner yang terdapat di Kota Jogja pun membuat Dinas Pariwisata tengah membuat database untuk mengarsipkan berbagai kuliner sehat tersebut.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X