• Jumat, 27 Mei 2022

Dosen AMPTA Yogyakarta: Kembangkan Kampung Wisata, Harus Bersinergi dengan Stakeholder

- Jumat, 29 Oktober 2021 | 08:26 WIB
Prihatno, M. M dari AMPTA Yogya sedang memaparkan materi. (Dok. Dinpar DIY)
Prihatno, M. M dari AMPTA Yogya sedang memaparkan materi. (Dok. Dinpar DIY)

JOGJA, harianmerapi.com - Dinas Pariwisata DIY turut mendukung berkembangnya kampung wisata DIY agar masyarakat dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraannya.

Salah satu dukungan tersebut adalah dengan kegiatan Pelatihan dan Kemitraan Kelembagaan di Kampung Wisata Pakualaman Kota Yogyakarta pada Selasa 26 Oktober 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut diikuti 20 pelaku usaha yang tergabung dalam paket wisata kampung wisata Pakualaman.

Baca Juga: Lewat AXN Ultimate Challenge Indonesia, Isyana dan Afgan Kenalkan Wisata Labuan Bajo, Mandalika dan Bali

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi oleh Prihatno, M.M dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

Dalam paparannya Prihatno, M.M menjelaskan bahwa perguruan tinggi melalui program-program kegiatannya dapat membantu pelaku wisata dalam membentuk kepariwisataan serta membuat kemasan paket wisata yang lengkap dan menarik. Pihak pengelola menurutnya juga harus bersinergi dengan stakeholder yang lain.

“Pengelola kampung wisata tidak bisa berjalan sendiri namun harus bersinergi dengan pokdarwis dan stakeholder lain seperti Dinas Pariwisata Kota, Lurah, Pokdarwis, masyarakat /akademisi, maupun pelaku usaha,” ujar Prihatno.

Baca Juga: Topeng Lengger Dusun Kledung 1: Tari Lengger Diciptakan Sunan Kalijaga untuk Penyebaran Agama

Suasana Wisma Serbaguna Giri Arum Gunungketur Pakualaman yang menjadi lokasi acara pelatihan dan kemitraan kelembagaan cukup hangat. Para peserta terlihat aktif bertanya kepada pemateri perihal perkembangan usaha maupun kampung wisata.

Untuk memotivasi pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya, dalam acara tersebut Dinas Pariwisata DIY juga menghadirkan pemateri dari Dinas Koperasi dan UMKM DIY. Ratna Listyani, S.Si memberikan pemahaman kepada peserta mengenai pengembangan UMKM di kampung wisata.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sandiaga Uno: Berwisata di Kawasan Dieng Aman

Senin, 14 Maret 2022 | 06:00 WIB
X