• Senin, 29 November 2021

Enam Madrasah Sabet Juara I Kompetisi Robotik Madrasah 2021

- Senin, 18 Oktober 2021 | 12:05 WIB
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama M. Ali Ramdhani saat hadir dalam acara Kompetisi Robotik Madrasah 2021 yang diterima di Jakarta, Senin (18/10/2021).  (ANTARA/HO-Kemenag)
Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama M. Ali Ramdhani saat hadir dalam acara Kompetisi Robotik Madrasah 2021 yang diterima di Jakarta, Senin (18/10/2021). (ANTARA/HO-Kemenag)

JAKARTA, harianmerapi.com - Kementerian Agama RI (Kemenag) mengumumkan terdapat sebanyak enam madrasah berhasil meraih juara I dalam Kompetisi Robotik Madrasah 2021.

"Kita meyakini bentuk pendidikan terbaik bagi putra-putri kita saat ini adalah madrasah. Dengan ini kita lengkapi mereka dengan ilmu kontemporer," kata Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama M. Ali Ramdhani dalam keterangannya, Senin (18/10).

Kompetisi yang bertemakan "Robot for global pandemic" itu, telah diikuti sebanyak 180 tim yang terdiri dari 360 peserta tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah untuk bersaing merancang robot aplikatif bertema pandemi.

Baca Juga: Replika Robot Transformers Asal Bantul Laris Manis di Luar Negeri Berkah Pandemi

Dari 180 tim tersebut, kemenag memutuskan enam madrasah menjadi juara I. Pemenang itu kemudian dibagi menjadi tiga pemenang dalam dua kategori yang berbeda, yakni kategori Robot Rancang Bangun dan kategori Mobile Robot yang diumumkan dalam penutupan kompetisi di Gedung Indonesia Convention Exibition (ICE) BSD, Tangerang pada Minggu (17/10).

Disebutkan bahwa dalam katagori Robot Rancang Bangun, juara I diraih oleh MI Al-Hudy Denpasar, Bali untuk tingkat MI, MTsN 1 Kota Tangerang Selatan, Banten untuk tingkat Mts dan MAN 2 Kota Malang, Jawa Timur, untuk tingkat MA.

Pemenang kategori tersebut berhasil mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, medali, dan uang pembinaan sebesar Rp12 juta serta kit robotik.

Baca Juga: Replika Robot Transformers Asal Bantul Berbahan Motor Bekas dari Pengepul Rosok

Sedangkan dalam kategori Mobile Robot, juara satu diraih MIN 2 Pasuruan, Jawa Timur untuk tingkat MI, MTsN 2 Kota Kediri, Jawa Timur untuk tingkat Mts dan MAN 1 Medan, Sumatera Utara untuk tingkat MA.

Halaman:

Editor: Sutriono

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yahoo Stop Layanan di China

Rabu, 3 November 2021 | 10:38 WIB

Facebook Akan Matikan Fitur Pengenalan Wajah

Rabu, 3 November 2021 | 08:45 WIB

Facebook Ganti Nama Diprotes Pionir Metaverse

Selasa, 2 November 2021 | 10:59 WIB
X