• Senin, 29 November 2021

Menyongsong Tahun 2025, Indonesia Butuh SDM Unggul di Bidang Energi Baru dan Terbarukan

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 13:30 WIB
Dadan Kusdiana (esdm.go.id)
Dadan Kusdiana (esdm.go.id)

JAKARTA, harianmerapi.com - Pemerintah telah berkomitmen untuk menggunakan sumber-sumber energi yang terbarukan sebesar 23 persen pada 2025 mendatang. Karena itu, Indonesia membutuhkan banyak sumber daya manusia (SDM) unggul untuk inovasi dan penerapan bidang Energi Baru dan Terbarukan.

Disebutkan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Dadan Kusdiana, bahwa ketersediaan SDM yang unggul dibutuhkan untuk mendukung proses transisi energi Indonesia dalam rangka dekarbonisasi atau carbon-netral.

“Pemerintah mengharapkan Indonesia sudah mewujudkan dekarbonisasi pada 2060 atau lebih cepat. Batubara nanti akan digantikan oleh Energi Baru dan Terbarukan. Dalam dua hingga tiga tahun kedepan kita harus memastikan terjadi proses transisi energi,” kata Dadan Kusdiana saat Grand Closing GE SRE Youth Idea Competition, Kamis (30/9/2021).

Baca Juga: Satu Langkah Update Software, Galaxy A22 5G dan A32 5G Terkoneksi Jaringan Telkomsel Hyper 5G

Melihat kebutuhan SDM unggul tersebut, GE Indonesia dan Society of Renewable Energy (SRE) menggelar rangkaian kegiatan Youth Idea Competition, yang terdiri dari seminar online dan kompetisi untuk mahasiswa seluruh Indonesia pada bidang Energi Baru dan Terbarukan.

Rangkaian seminar online digelar sejak Mei 2021, yang berfokus pada energi baru terbarukan dengan berbagai topik relevan tentang produksi dan penyimpanan energi, transformasi digital, kebijakan publik dan sosial, serta ekonomi dan keuangan.

Pembicara-pembicara ternama dari pemerintahan, pelaku industri, dan GE berbicara dan berinteraksi dengan lebih dari 1200+ peserta dari 36 universitas dari seluruh Indonesia.

Baca Juga: Mensyukuri Nikmat 2: Mencari Istri dengan Pertimbangan Harta

Sedangkan kompetisi whitepaper, diharapkan bisa menjadi sarana penyaluran ide-ide dan inovasi mahasiswa untuk ikut ambil bagian dalam mencari solusi untuk percepatan proses dekarbonisasi Indonesia, sebagaimana mereka adalah calon-calon pemimpin di masa depan.

Whitepaper dari tim mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang berjudul ‘Inovasi Sistem Minigrid Hibrida Biomassa Sekam Padi dan Energi Surya untuk Mendukung Dekarbonisasi dan Elektrifikasi pada Sektor Pertanian’ terpilih sebagai pemenang dari lebih dari 100 tim mahasiswa yang ikut berpartisipasi.

Halaman:

Editor: Swasto Dayanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yahoo Stop Layanan di China

Rabu, 3 November 2021 | 10:38 WIB

Facebook Akan Matikan Fitur Pengenalan Wajah

Rabu, 3 November 2021 | 08:45 WIB

Facebook Ganti Nama Diprotes Pionir Metaverse

Selasa, 2 November 2021 | 10:59 WIB
X